Membentuk Generasi Qurani Di Madrasah Nurul Iman

Authors

  • Asep Ridwan Fauzi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fauzi Barkah
  • Rahayu Ramdaniyati
  • Saca Suhendi

Keywords:

Generasi qurani, Madrasah, Mengajar mengaji

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu yang merupakan aktivitas intrakurikuler untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan solusi atas sulitnya mendapatkan jasa Ustadz sebagai pengajar (guru agama) di Desa Jatisari. Pengabdian menggunakan metode pendampingan keagamaan berupa bimbingan mengaji, membaca Iqra, Juz ‘Amma, dan Al-Quran. Hasil pengabdian memberikan solusi atas masalah yang sedang dihadapi oleh Desa Jatisari sehingga mampu memberantas buta huruf Arab dan Al-Quran. Hadirnya kegiatan KKN dapat menjadi alternatif untuk membantu meringankan masyarakat dalam masalah sulitnya mencari Ustadz (tenaga pengajar) untuk mengajar mengaji dan memberikan penanaman nilai-nilai keagamaan kepada anak-anak dan remaja pada Desa Jatisari.

References

Syarifuddin, A. (2004). Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al- Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.

Nursahid, R. (2015). Program Pembelajaran Tilawah Al-Quran. Jurnal Tarbawy Vol. 2 Nomor 2, 4.

Sa’dullah. (2008). 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Al-Laahim, K. (2008). Panduan Tadabbur al- Qur’an. Solo: Kiswah Media.

Jalaluddin. (2009). Metode Tunjuk Silang Belajar Al-Qur’an. Jakarta: Kalam Mulia.

Aliyyah, R. R. (2018). Developing Entrepreneurship Characters through Community Service Program. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 2 (2), 265-287.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Asep Ridwan Fauzi, Fauzi Barkah, Ramdaniyati, R. ., & Suhendi, S. . (2024). Membentuk Generasi Qurani Di Madrasah Nurul Iman. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(1), 136–148. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2449

Issue

Section

Articles