Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pengajian Rutinan Anak-anak

Penulis

  • Endah Nurhayati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Najma Adhia Luthfiah
  • Syekh Akmal

Kata Kunci:

Keywords: Assessment, HR, Improvement.

Abstrak

Pengajian rutinan Islam merupakan praktik keagamaan yang memegang peranan penting dalam meningkatkan sumberdaya manusia. Dalam konteks ini, kami menitik beratkan kepada kegiatan pengajaran dasar keagamaan dan mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Keberlangsungan kegiatan ini tidak hanya membentuk dimensi spiritual individu, tetapi juga memiliki dampak positif pada perkembangan intelektual, moral, dan sosial seseorang.Pengajian rutinan Islam tidak hanya tentang ritual keagamaan semata, tetapi juga tentang pembinaan karakter yang kuat. Melalui pembacaan dan pemahaman terhadap Al-Quran, individu dapat memperoleh pandangan yang lebih baik tentang etika, tanggung jawab, dan keadilan. Selain itu, pengajian ini mempromosikan toleransi, empati, dan kepedulian terhadap sesama, yang merupakan aspek penting dalam membangun hubungan antarmanusia yang harmonis Adapun metode penelitian yang penulis ambil dalam penelitian kali ini adalah studi lapangan yakni peneliti ikut andil dalam kegiatan tersebut. Seperti mengajar setiap pengajian di Desa baik itu di mushola maupun di pondok Pesantren.Dengan adanya kegiatan ini di harapkan dapat menciptakan fondasi yang kokoh dalam mengembangkan diri dan mendorong peningkatan sumberdaya manusia di desa Sukamaju. Praktik-praktik ini tidak hanya memperkaya kehidupan spiritual, tetapi juga memberikan panduan moral yang mendalam bagi individu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pengajian rutinan memainkan peran penting dalam memperkaya, memotivasi, dan meningkatkan sumberdaya manusia dalam masyarakat.

Referensi

Dr.H.Rohmanur Azis, S. (Bandung). RISET AKSI Konsep,Teori,Metodologi dan Aplikasi. 2023: Simbiosa Rekatama Media.

Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Siti Maryam Munjiat. (2018). Peran Agama Islam Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Usia Remaja. Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1, 179.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Nurhayati, E., Najma Adhia Luthfiah, & Syekh Akmal. (2024). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pengajian Rutinan Anak-anak . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 86–98. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2439

Terbitan

Bagian

Articles