Edukasi Ecobrick Kepada Siswa SDN 1 Cibogo Sebagai Upaya Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sampah Plastik Di Desa Cibogo

Authors

  • Cita Lestari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alifia Nabila
  • Ali Ginanjar Inpantri
  • Cucu Setiawan

Keywords:

Edukasi, Ecobrick, Pengelolaan, Pemanfaatan, Sampah Plastik

Abstract

Sampah yang menjadi isu penting di Indonesia saat ini tentunya bukan suatu hal yang harus diabaikan karena akan berdampak buruk. Maka dari itu, kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan perlu ditanam sejak dini serta melakukan prinsip 3R, yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur ulang). Ecobrick sebagai kegiatan mendaur ulang sampah menjadi solusi terbaik yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Dalam artikel ini akan membahas mengenai edukasi seputar ecobrick untuk anak sekolah, khususnya di SDN 1 Cibogo, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Berdasarkan hasil pengabdian yang telah dilakukan, maka ecobrick ini menjadi solusi yang baik dalam memanfaatkan sampah tanpa harus membakarnya tetapi dijadikan sebagai sebuah karya seni.

References

Purwono, A. & T. Jannah. (2020). Pengaruh Wiyata Lingkungan dan Kecerdasan Ekologis Terhadap Sikap Kepedulian Lingkungan bagi Siswa MI. Child Education Journal, 2(1), 1–9.

Arnstein, S. R. (1969). A leadder of citizen participation. Journal of the American Planning Association, 35(4), 216-224.

Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 44.

Stringer, E. T. (2013). Action research (4th ed.). Sage Publications.

Wallerstein, N., & Duran, B. (2010). Community-based participatory research contributions to intervention research: The intersection of science and practice to improve healty equity. American Journal of Public Health, 100(S1), S40-S46.

Yusiyaka, Rahmi Alendra. (2021). Ecobrick Solusi Cerdas dan Praktis Untuk Pengelolaan Sampah Plastik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 69–70.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Cita Lestari, Alifia Nabila, Ali Ginanjar Inpantri, & Cucu Setiawan. (2024). Edukasi Ecobrick Kepada Siswa SDN 1 Cibogo Sebagai Upaya Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sampah Plastik Di Desa Cibogo. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 63–74. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2438

Issue

Section

Articles