Optimalisasi Branding UMKM Terhadap Peningkatan Potensi Promosi dan Penjualan Rengginang Batulayang

Authors

  • Siti Nuraini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Branding, UMKM, Rengginang Batulayang

Abstract

Desa Batulayang merupakan salah satu desa di Kecamatan Cililin. Salah satu mata pencaharian masyarakat sekitar Desa Batulayang ialah produksi Rengginang. Rengginang Batulayang memiliki pontesi yang cukup besar untuk dipertimbangkan, namun potensi yang dimiliki belum dioptimalkan dengan baik dan masih terdapat berbagai permasalahan yang terjadi, salah satunya adalah pengusaha rengginang ini tidak menyadari branding untuk merek rengginang yang mereka hasilkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan optimalisasi branding UMKM dengan mengadakan sosialisasi untuk meningkatkan potensi promosi dan penjualan Rengginang Batulayang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti memperoleh data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan adanya optimalisasi branding UMKM ini merupakan hal yang penting untuk meningkatkan penjualan UMKM Rengginang Batulayang agar lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dan mampu bersaing secara sehat dengan adanya identitas yang kuat dari produk UMKM tersebut.
Kata Kunci: Branding, UMKM, Rengginang Batulayang

References

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha "Emping Jagung" Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1286-1295.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Iryanto, A., Pradana, F. M., Amaliyah, F., Nurmalasari, I., & ... (2021). Re-Branding UMKM Radyt Dengan Analisa SWOT. Jurnal Desain …, 111-115.

Lutfiyani, I. Q., Hastadi, A. Y., Wahyuningsih, F., Ane, T., Fauzi, G., Nurfaizah, A., . . . Yanuar, R. (2022). Pengembangan UMKM Melalui Optimalisasi Branding dan Penggunaan Media Digital di Desa Sindangbarang, Kabupaten Cilacap. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM).

Manggu, B. (2021). ANALISIS PENERAPAN SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING (STP) DAN PROMOSI PEMASARAN SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN PERKEMBANGAN UMKM KOTA BENGKAYANG. Sebatik.

Oktaviani, L., Suaidah, Aldino, A. A., Jupriyadi, & Lestari, Y. T. (2022). Penerapan Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Marning. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 379-385.

Primadewi, A., Anwar, T. M., Yustin, Y., Sani, A. H., & Miftakhul, F. (2020). Penguatan Pemasaran Produk Umkm Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Rachmawati, R., & Sawitri, S. (2015). IMPLEMENTASI STRATEGI BRANDING USAHA BATIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DAN. Teknobuga.

Rezky, S. F., Hamdani, R., Suherdi, D., Erwansyah, K., Ginting, E. F., & Simangunsong, P. B. (2021). Branding UMKM untuk Meningkatkan Potensi Promosi dan Penjualan Secara Mandiri. Abdimas Iptek, 39-44.

Wulandari, A., Suryawardani, B., Wijaya, D. R., Sari, S. K., & Suryatiningsih. (2019). Peningkatan Potensi Produk Unggulan Kabupaten Bandung Melalui Manajemen Produk dan Branding Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 42-49.

Zamzami, M., Nila, S., & Ma’arif, S. (2022). Upaya Meningkatkan Promosi dan Penjualan Produk UMKM Melalui Strategi Branding. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Siti Nuraini. (2024). Optimalisasi Branding UMKM Terhadap Peningkatan Potensi Promosi dan Penjualan Rengginang Batulayang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(1), 183–197. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2421

Issue

Section

Articles