Pengembangan Masyarakat Melalui Program KKN: Studi Kasus di Kampung Pasir Mulus, Desa Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung

Penulis

  • Melvi Noviza UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Arifah Nur Istiqomah
  • Muhammad Nicklas Nizam

Kata Kunci:

Edukasi, Peran orang tua, Perkembangan anak, Sosialisasi

Abstrak

Penelitian KKN ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada orang tua murid TK Ar-Rahman di RW 03 Kampung Pasir Mulus, Desa Margamulya tentang pentingnya mengajarkan anak-anak mereka untuk belajar mandiri, tanpa selalu mendampingi mereka selama proses pembelajaran di dalam kelas. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pemahaman bahwa pendampingan berlebihan dalam proses pembelajaran dapat menghambat perkembangan mandiri anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah program KKN (Kuliah Kerja Nyata), yang melibatkan mahasiswa dalam sosialisasi kepada orang tua melalui sosialisasi yang bertemakan “edukasi dan sosialisasi orang tua: parenting style in a preschool context”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi ini berhasil meningkatkan pemahaman orang tua tentang pentingnya memberi ruang bagi anak untuk mandiri dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah bahwa orang tua memiliki peran kunci dalam membantu anak-anak mereka menjadi pembelajar mandiri yang lebih efektif. Kesimpulannya, pendekatan ini berpotensi menghasilkan anak-anak yang lebih mandiri, kreatif, dan mampu menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan yang terus berubah.

Kata Kunci: Edukasi, Peran orang tua, Perkembangan anak, Sosialisasi

Referensi

Asnawi, Khakam Umam, Imelda Konghoiro, Sandi Kartasasmita, Untung Subroto, Amalia Rizki Pautina, Ahmad Nor Shafrin, Iqbal Dian Irsyadul Ibad, et al. “Aplikasi Teori Gestalt Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak.” Universitas Negeri Yogyakarta 3, No. 1 (2018) : 57–66.

Budiyono. “PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR,” 2012.

Ghani, Abdul. “HUBUNGAN PARENT ATTACHMENT DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA,” 2017, 58.

Maharani, Eka Putri. “Kelekatan Orangtua ( Parent Attachment ) Dan Kesehatan Sosial-Emosional ( Social Emotional Health ) Pada Remaja.” Skripsi, 2018.

Nurhayati, Hani. “Hubungan Kelekatan Aman'' November (2015).

Syardiansah. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Kompetensi Mahasiswa.” JIM UPB,

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Noviza, M., Arifah Nur Istiqomah, & Muhammad Nicklas Nizam. (2024). Pengembangan Masyarakat Melalui Program KKN: Studi Kasus di Kampung Pasir Mulus, Desa Margamulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 86–98. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2390

Terbitan

Bagian

Articles