Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sebagai Upaya Hidup Sehat Yang Terbebas Dari Sampah

Authors

  • Tegar Setiadi Bandung
  • Ane Tri Agustian
  • Nayla Khairani Putri

Keywords:

Lingkungan, Sampah, Sosialisasi

Abstract

Kebersihan Lingkungan merupakan salah satu bentuk kebiasaan hidup sehat yang terntunya berperan penting bagi kehidupan manusia. Apabila lingkungan bersih, maka semua makhluk hidup akan merasa lebih nyaman. Dari data riset Kementrian Kesehatan, diketahui hanya 20 persen dari total Masyarakat Indonesia yang peduli terhadap kebersihan dan Kesehatan yang artinya kesadarannya masih rendah. Oleh karena itu harus diadakannya sosialisasi dengan tujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Sekolah menjadi sasaran yang tepat untuk sosialisasi ini mengingat para siswa merupakan kalangan yang akan menjadi perhatian penting melalui dunia pendidikan. Tepatnya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pasundan Pangalengan, sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan ini akan diselenggarakan. Dalam pelaksanaan program sosialisasi ini menggunakan metode observasi terlebih dahulu, meminta izin kepada pihak sekolah, dan melaksanakan sesuai dengan tahap-tahap yang telah direncanakan sebelumnya. Kegiatan ini meliputi penyampaian materi secara langsung oleh pemateri melalui power point yang berupa teks, foto, dan video. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan peserta didik yang telah ikut serta mampu mengimplementasikan segala materi yang telah disampaikan, baik dari segi kebersihan lingkungan maupun dalam pengelolaan berbagai jenis sampah.

References

Herdiana Devi. 2018. “Perilaku masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.” Jurnal Buana, 02 No 2 (2018).

Paeno. “Pemanfaatan Sampah Plastik untuk Kerajinan Rumah Tangga Taman Belajar Kreatif Mekar Sari.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02 No.1, (2020) : 60.

Purwaningrum, Pramiati. “Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik di Lingkungan.” JTL, 08 No.2 (2016): 141- 147.

Sastrawanto Jiko.” Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Guna Meningkatkan Kesadaran Terhadap Lingkungan.” Jurnal NoCosPro, 03 No. 1 (2021): 635-641.

Suci Citra. “Analisis Pengelolaan Sampah Pada Masyarakat.” Jurnal Kesehatan Lingkungan 10 No.4 (2018); 368-375.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Setiadi, T., Agustian, A. T., & Putri, N. K. . (2024). Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sebagai Upaya Hidup Sehat Yang Terbebas Dari Sampah . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 99–111. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2379

Issue

Section

Articles