Analisis Hasil Observasi Produksi Permen Susu Karamel

Authors

  • Elva Shepti Alvani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asqi Hilmi Sauqi
  • Devita Rusmana
  • Dyah Rahmi Astuti

Keywords:

Permen, Susu Sapi, Pemasaran

Abstract

Penurunan produksi susu perah sangat berdampak pada masyarakat di Desa Cisondari khususnya UMKM dan para petani susu. Namun, proses pengolahan dan pemsaran yang baik akan meningkatkan nilai jual susu karena akan terbentuk harga baru. Pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam memasarkan produk umkm secara digital melalui media sosial dengan memberikan seminar dan sosialisasi penggunaan media sosial sebagai alat yang digunakan dalam pemasaran produk secara digital. Adapun UMKM di Desa Cisondari yang bergerak dibidang makanan dengan susu sapi menjadi bahan dasar utamanya diantaranya UMKM Mekar Lestari Desa Cisondari bertempat di dusun Gambung Pangkalan yang mengolah susu sapi menjadi berbagai olahan seperti kerupuk susu dan permen karamel ikonik yang biasa dijadikan oleh-oleh khas desa tersebut. Bahan bahan yang harus di siapkan untuk pembuatan permen susu adalah: Susu murni, gula putih, glukosa dan agar agar. Pemasaran peremen karamel ini masih dilakukan secara langsung ataupun dikirim langsung ke tempat oleh-oleh seperti Ciwidey, Pangalengan, bahkan Cirebon.

References

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan. 2023. Jumlah Produksi Susu Sapi Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Mei. Diakses Agustus 31, 2023. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-produksi-susu-sapi-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat.

Euis, wawancara oleh Elva Shepti Alvani. 2023. Produksi Olahan Permen Karamel (11 Juli).

Sulistyowati, Endang, Sigit Mujiharjo, Irnad, Agria Susanti, dan Siti Pathonah. 2019. “Sifat Fisik dan Organoleptik Permen Karamel Susu dengan Penambahan Buah Durian (Duria zibethinus Murr) dan Penambahan Sari Jeruk Gerga (Citrus sp).” Jurnal Agroindustri 9 (2): 56-65. doi:10.31186/j.agroind.9.2.56-65.

Waryudin, wawancara oleh Elva Shepti Alvani. 2023. Tantangan Petani Susu Perah menghadapi Penyakit Lato-Lato pada Sapi (11 Juli).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Alvani, E. S., Sauqi, A. H., Devita Rusmana, & Dyah Rahmi Astuti. (2024). Analisis Hasil Observasi Produksi Permen Susu Karamel. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(1), 175–182. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2370

Issue

Section

Articles