30. Digitalisasi Kampung Ranca Manjah Melalui Pelatihan Microsoft dalam Program KKN Mahasiswa UIN Bandung

Authors

  • Aninda Widya student
  • Suciati Ayuning Tyas UIN Sunan Gunung Djati
  • Wisnu Uriawan UIN Sunan Gunung Djati

Keywords:

Kata Kunci: digitalisasi, oft Word, KKN, masyarakat

Abstract

Artikel ini membahas mengenai digitalisasi Kampung RancaManjah melalui pelatihan Microsoft Word pada program Pengabdian Masyarakat Mahasiswa (KKN) UIN Bandung. Perkembangan teknologi memberikan dampak yang signifikan terhadap desa-desa seperti RancaManjah, namun masih terdapat tantangan dalam mengakses dan memahami teknologi. Kursus pelatihan ini bertujuan untuk membekali masyarakat dengan keterampilan Microsoft Word untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai bidang. Metode pelatihan interaktif telah berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. Meskipun peningkatan yang signifikan terlihat, diperlukan pelatihan lanjutan untuk menguasai fitur-fitur lanjutan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pelatihan interaktif memiliki nilai yang sangat berharga dalam mengembangkan keterampilan teknis di pedesaan.

References

Adisasmita. “Pembangunan Pedesaan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi.”

Risalah 27, no. 2 (2016): 62–73.

Robianto, Riska, Halifia Hendri, and Emil Salim. “Literasi Digital: Membangun Nagari Digital Melalui Portal Pemerintahan Nagari.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6, no. 2 (2022): 1249. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7154.

Setiawan, daryanto. “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication On.” Jurnal Pendidikan X, no. 2 (2017): 195–211.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Widya, A., Suciati Ayuning Tyas, & Wisnu Uriawan. (2024). 30. Digitalisasi Kampung Ranca Manjah Melalui Pelatihan Microsoft dalam Program KKN Mahasiswa UIN Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(2), 319–326. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2362

Issue

Section

Articles