18 Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar IPA Melalui Penerapan LKPD Berbasis Discovery Learning pada Siswa kelas XI MTSN 2 Bandung Barat

Penulis

  • Shita Saraswati Uin Bandung

Kata Kunci:

Belajar, LKPD, IPA, Discovery Learning, Kemandirian

Abstrak

Di era generasi zaman Z dan perubahan pembelajaran yang memanfaat kan kegiatan belajar mandiri yang bertumpu acuan kepada peseta didik. Melalui hal tersebut peneliti yang merupakan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui kegiatan KKN DR- SISDAMAS melihat dan mengkolaborasikan Peningkatan Kemandirian Belajar IPA Melalui Penerapan LKPD Berbasis Discovery Learning di mtsn 2 Bandung Barat. Metode penelitian yang dipilih merupakan metode SISDAMAS dimana terdapat siklus-siklus KKN Sisdamas yang di usung UIN Sunan gunung Djari bandung. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap terhadap peserta didik mtsn 2 Bandung Barat yang melalui praktikum real. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan LKPD melalui praktikum IPA didapatkan hasil Peningkatan kesadaran individualitas,

Referensi

Azrina, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI IPA di MAN 2 Jember. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Julian, R., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. Proceeding of the 1st Steeem, 1(1), 238–243.

META, Y. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGANYAR. UNIVERSITAS LAMPUNG.

Munawaroh, N., & Sholikhah, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Melalui Video Interaktif Berbantuan Google Site Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ecogen, 5(2), 167. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.12860

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96.

Putra, W. P., Gunamantha, I. M., Sudiana, I. N., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD HOTS DALAM MENINGKATKAN Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. 7(1).

Saparina, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning yang Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMP pada Materi Suhu dan Kalor. Universitas Jambi.

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Saraswati, S. (2024). 18 Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar IPA Melalui Penerapan LKPD Berbasis Discovery Learning pada Siswa kelas XI MTSN 2 Bandung Barat . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 186–198. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2333

Terbitan

Bagian

Articles