Penyaluran Donasi Mushaf Al-Qur’an Untuk Mencetak Generasi Qur’ani di Kampung Balakasap Desa Pataruman
Keywords:
Donasi, Al-Qur’an, Generasi Qur’ani, Ilmu, PendidikanAbstract
Al Qur’an adalah sumber segala ilmu. Baik itu ilmu umum, maupun ilmu agama. Mencetak generasi yang berjiwa qur’ani akan membuat pendidikan menjadi lebih baik. Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang harus ditanamkan pada anak sedini mungkin agar mempunyai arah tujuan yang lurus dan benar. Penelitian ini menggunakan model kualitatif deskriptif dalam bentuk library research dengan metode dokumentasi untuk menjawab rumusan masalah yang sudah ditentukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melahirkan generasi dari sejak dini yang berjiwa qur’ani dan perspektif pendidikan agama Islam. Hasil dari penelitian ini yaitu generasi qur’ani adalah generasi yang menjaga ayat-ayat Allah dihatinya, yang memiliki kepribadian Qur’ani, yang mengambil Al-Qur’an sebagai sumber utama kehidupannya melalui membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan Al Qur’an dalam setiap aspek kehidupan. Kedua yaitu dalam perspektif Pendidikan Agama Islam yaitu: dengan membangun kepribadian Qur’ani sejak dini dengan cara antara lain: membangun rasa cinta pada Al-Qur’an, memperdengarkan lantunan ayat Al Qur’an one day one juz, menumbuhkan mujahadah takwa kepada Allah, tadabbur Al-Qur’an, mengatasi rasa malas berinteraksi dengan Al-Quran, serta menyampaikan isi Al-Qur’an.
References
Firdaus, ‘Sedekah Dalam Persfektif Al-Quran’, Ash-Shahabah, 3.1 (2017), 88–100
Hidayati, Eka Wahyu, ‘Mencetak Generasi Anak Usia Dini Yang Berjiwa Qur’Ani Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam’, JCE (Journal of Childhood Education), 3.2 (2020), 54 <https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.93>
Ikbal Bahua, Mohammad, Perencanaan Partisipatif Pembangunan Masyarakat, Gorontalo: Ideas Publishing, 2018
Noor, Munawar, ‘Pemberdayaan Masyarakat’, Jurnal Ilmiah CIVIS, 1.2 (2011), 88 <https://doi.org/10.2307/257670.Poerwanto.>
Riduwan, Akhmad, ‘Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi’, EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3.2 (2016), 95 <https://doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizal Hamdan Hamdan, Rosalia Cahya Kusumasari, Nazwa Asykhila Zahrani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.