Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD dan SMP di Desa Puncaksari
Keywords:
Bimbingan Belajar; Minat Belajar; Motivasi BelajarAbstract
Kurangnya minat belajar dan motivasi menjadi permasalahan utama yang dihadapi siswa di Desa Puncaksari. Terlihat bahwa anak-anak memiliki kekurangan kesadaran akan hal pendidikan, maka dari itu pentingnya bimbingan belajar yang akan memotivasi dan meningkatkan minat para siswa untuk belajar serta supaya sadar akan pentingnya pendidikan untuk masa depan. Sehingga mahasiswa KKN 289 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung bertujuan mengadakan kegiatan bimbingan belajar untuk meningkatkan minat belajar siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang berada di lingkungan RW 1 Desa Puncaksari. Bimbingan belajar menjadi salah satu program kerja KKN 289 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung yang berfokus pada bidang Pendidikan. Pada penelitian pengabdian ini menitik beratkan pada anak-anak di lingkungan RW 1 Desa Puncaksari. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan bimbingan belajar ini memberikan dampak yang positif seperti meningkatnya semangat belajar anak-anak, peningkatan pemahaman anak-anak terhadap materi, tumbuhnya kesadaran anak dalam belajar, serta anak lebih aktif dalam berdiskusi dan bertanya mengenai materi yang kurang dipahami.
References
Darmayanti, N.W.S, and I Nengah Sueca. 2020. “Pendampingan Bimbingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa SD Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 3 (2): 207–10. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.2206.
Nisa, Afiatin, and Dian Renata. 2018. “Analisis Minat Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling.” KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal) 5 (2): 119–30. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3058.
Pramono, Arif Setiya. 2021. “Hubungan Profesionalisme Dan Literasi Guru Dengan Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Profesi Keguruan 7 (2): 218–28.
Ratnawati, Etty, and Aas Asniawati. 2020. “Pemberian Motivasi Melalui Cerita Dan Games Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia SD Dan SMP.” Dimasejati 2 (2): 204–13. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/...%0A.
Ricardo, and Rini Intansari Meilani. 2017. “Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (The Impacts of Students’ Learning Interest and Motivation on Their Learning Outcomes).” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1 (1): 79–92. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000.
Santoso, Agus, and Yunni Rusmawati. 2019. “Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan.” Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (2): 36–43. https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7.
Sidiq, Umar, and Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Edited by Anwar Mujahidin. CV. Nata Kary. 1st ed. Ponorogo: CV. Nata Kary. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf.
Sriyono, Heru. 2016. “Program Bimbingan Belajar Untuk Membantu Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa.” Sosio-E-Kons 8 (2): 118–31.
Tambunan, Maulana Abdul Malik, and Yani Lubis. 2022. “Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Ulumahuam.” Maspul Journal of Community Empowerment 4 (2): 293–98.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Milad Mardiyah, Akhmad Fariz Shidqi, Muhibudin Wijayalaksana, Syafa Al Qolbi Al Mujahidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.