Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SDN Dayeuhluhur Desa Batulayang

Penulis

  • Merisa Agustin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Leli Rohmatul Ummah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, karakter siswa

Abstrak

Abstrak

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan pembelajaran yang selalu ada disetiap tingkatan sekolah. Mulai dari TK, Sd, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi. Hal ini tentu saja diperuntukan kepada setiap muslim agar lebih mengenal kepada agamanya sendiri. Maka tidak heran jika disetiap sekolah selalu ada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Maka saat dilakukannya pengabdian terhadap masyarakat dari tanggal 11 Juli sampai 19 Agustus, kami dapatkan hasil observasi yang menunjukan bahwa pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dayeuhluhur desa Batulayang sudah mengenalkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas 3 hingga 6. Namun meski demikian, rupanya pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kurang maksimal diajarkan kepada siswa. Kurangnya tenaga pengajar dan keahlian dibidang keagamaan tersebut menjadi salah satu permasalahan didalamnya. Sehingga karakter siswa dalam keagamaan kurang maksimal. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan Pendidikan Agama Islam (PAI) secara maksimal kepada siswa agar meliki karekter yang lebih kuat dalam keagamaan. Adapun metode yang digunakan adalah mengadopsi dari siklus – siklus KKN Reguler Sisdamas yang tercantum pada petunjuk teknis pelaksanaan KKN yang dibuat oleh LP2M. Maka hasil dari pengabdian ini adalah pengetahuan siswa tentang Pendidikan Agama Islam (PAI) lebih maksimal dan karakternya kuat dalam agama.

Referensi

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2006), hal.130

Zuhairimi, Metodik Khusus Pendidikan Agama, (Surabaya : Usaha Offset Printing , 1981), hal.25

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2006), hal. 135

Departemen Agama RI, Pedoman Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum (Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2004), hal.7

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 69 tahun 2013

Ilyas Ismail. 2020 “Evaluasi Pembelajaran:Konsep, Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur”

Dikutip dari laman web https://tinyurl.com/m4xfyu4z

LP2M, 2023. Petunjuk teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN SISDAMAS) Moderasi Beragama, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Agustin, M., & Ummah, L. R. . (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SDN Dayeuhluhur Desa Batulayang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 179–190. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2307

Terbitan

Bagian

Articles