24 Penerapan Moderasi Beragama di Masyarakat Desa Kertajaya Kecamatan Panawangan Kab. Ciamis

Penulis

  • Shopy Abiyyah Khoerunnisa Shopy Abiyyah Khoerunnisa UIN sunan gunung Djati Bandung
  • Shopy Abiyyah Khoerunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Padilatul Hidayat
  • Muhammad Iqbal Hasby Nur

Kata Kunci:

Moderasi bergagama

Abstrak

Abstrak

Agama memegang peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat, mengatur kehidupan manusia dan mengarahkannya untuk kemaslahatan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan gambaran tentang moderasi beragama dan kerukunan beragama di Desa Kertajaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian observasi lapangan dan juga wawancara langsung melalui sosialisasi dan pertemuan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan moderasi beragama di wilayah Desa Kertajaya cukup baik. Hal ini terlihat dari masyarakat Desa Kertajaya yang sangat menjunjung tinggi kerukunan, dimana terdapat rasa saling menghormati atau toleransi dan menghargai perbedaan.

Kata Kunci: Moderasi Beragama, Toleransi, Kerukunan, Desa Kertajaya

Referensi

Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi Kajian Islam dan Keberagaman. Jurnal Pemikiran Islam, 137-148.

Akhmandi, A. (2019). Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia. Jurnal Diklat Keagamaan, 45-55.

Amin, R. (2014). Prinsip dan Fenomena Moderasi Islam dalam Tradisi Hukum Islam. Al-Qalam, 23-32.

Annisa Firdaus, C. F. (2021). Penerapan Moderasi Beragama Di Masyarakat Desa Baru Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 193-210.

Faisal, M. (2020). Manajemen Pendidikan Moderasi Beragama di Era Digital. Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 198-199.

Linda, A. (2021). “Penerapan Interaksi Sosial Antar Masyarakat melalui Moderasi Beragama dan Sikap Toleransi di Desa Gentasari Kecamatan Kroya Kabupten Cilacap. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 342.

Miftahul Jannah, K. Z. (2022). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Program Studi PIAUD Dalam Penerapan Moderasi Beragama Di IAIN Pekalongan. Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 107-118.

Rusydiah. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam dan Keberagaman. Jurnal Pemikiran Islam, 143-155.

Solihin, A. (2022). Penerapan Moderasi Beragama di Masyarakat Plural Desa Kertajaya. Journal Sicio Politika, 61-72.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Shopy Abiyyah Khoerunnisa, S. A. K., Khoerunnisa , S. A. ., Muhamad Padilatul Hidayat, & Muhammad Iqbal Hasby Nur. (2024). 24 Penerapan Moderasi Beragama di Masyarakat Desa Kertajaya Kecamatan Panawangan Kab. Ciamis. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 271–281. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2296

Terbitan

Bagian

Articles