17 Pemeriksaan Kesehatan Gratis pada Lansia Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran dan Kepedulian Terhadap Kesehatan di Kp. Citalaksana, Desa Margamulya, Kabupaten Bandung

Authors

  • Nur Malia Wahidah Wahidah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Malia Wahidah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Firman Maulana Noor UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Manusia pasti akan mengalami proses penuaan atau bertambahnya usia. Kemunduran fisik, mental, dan sosial umum terjadi pada orang lanjut usia. Lanjut usia (lansia) merupakan suatu tahapan dalam pertumbuhan manusia. Orang lanjut usia mempunyai ciri-ciri seperti uban, kulit keriput, dan gigi tanggal, yang bergantung pada aspek sosiologis masyarakat. Maka dari itu diadakannya kegiatan cek kesehatan gratis pada lansia. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat setempat, sehingga dapat diketahui sejak awal apabila ada hal yang harus ditangani. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu sosialisasi, survey, serta pelaksanaan kegiatan. Hasil dari kegiatan ini banyak dari para lansia yang jarang memeriksakan kesehatannya, sehingga hasil dari cek kesehatan banyak para lansia memiliki tekanan darah yang tinggi, dan kolestrol yang tinggi dan ada juga yang harus dirujuk ke rumah sakit dikarenakan terindikasi parah.

References

Erlin Ifadah, T. M. (2019). Pemeriksaan Kesehatan Tekanan Darah Dan Glukosa Darah (DM) Gratis Di Wilayah Kampung Sawah Lebak Wangi Jakarta Selatan. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 3, No.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuatitatif dan Kualitatif dan R&D Bandung, Alfabeta.

Widiany, F. L. (2019). Pemeriksaan Kesehatan Lansia di Posyandu Lansia Dusun Demangan Gunungan, Pleret, Bantul. Jurnal Pengabdian “Dharma Bakti,” Vol. 2, No.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Wahidah, N. M. W., Wahidah, N. M., & Firman Maulana Noor. (2024). 17 Pemeriksaan Kesehatan Gratis pada Lansia Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran dan Kepedulian Terhadap Kesehatan di Kp. Citalaksana, Desa Margamulya, Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(9), 196–204. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2281

Issue

Section

Articles