Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Arab Menyenangkan Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Elis Kholisoh UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • R. Edi Komarudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendampingan Belajar, Pengenalan Bahasa Arab, Pandemi Covid-19

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini direaslisasikan dengan program
pendampingan belajar yang terfokus pada pengenalan Bahasa Arab
menyenangkan pada anak khususnya dimasa pandemi Covid-19. Kegiatan
pendampingan belajar ini dilakukan di lingkungan Dusun Balananjeur, Desa
Pagersari, Pagerageung, Tasikmalaya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk
membimbing siswa agar memiliki keterampilan berbahasa Arab dengan baik
dan benar. Masalah utama yang sering dihadapi anak ketika mendengar
Bahasa Arab yaitu paradigma bahwa Bahasa Arab itu sangat sulit di pahami
dan dipelajari. Hal tersebut berimbas pada menurunnya minat siswa untuk
mempelajari Bahasa Arab sehingga tidak bisa mengaplikasikannya dalam
kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian ini berupa program bimbingan
belajar bahasa yang berjalan sesuai dengan perencanaan dan dilakukan
bersama 15 anak. Hasil tersebut diperoleh dari metode pendekatan secara
langsung dengan melakukan pendataan anak yang bersedia mengikuti
bimbingan dan kegiatan belajar. Adapun materi yang disampaikan berupa
Perkenalan atau at-ta’aruf, kemudian kosakata atau almufradat, percakapan
sehari-hari atau al-hiwar, serta pengenalan dhomir. Hasil akhir yang
diharapkan dari bimbingan bahasa ini adalah para siswa mampu menerapkan
penggunaan Bahasa Arab di kehidupan sehari- hari dan teratasinya kesulitankesulitan yang anak-anak hadapi pada saat belajar Bahasa Arab. Anak-anak
bisa belajar dengan tenang, nyaman, dan mampu memahami materi yang
disampaikan.

Downloads

Published

2021-11-03

How to Cite

Kholisoh, E. ., & Komarudin, R. E. . (2021). Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Arab Menyenangkan Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(7), 100–110. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/226

Issue

Section

Articles