23. Sinergitas Mahasiswa KKN 352-Sisdamas dan Masyarakat Desa Pusakajaya Dalam Sertifikasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Penulis

  • Nanta Setia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Diana Nurliana UIN Sunan Gunung Djati
  • Rahul Achmad Fadillah UIN Sunan Gunung Djati
  • Syifa Fadia UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Desa Pusakajaya, Pengabdian, KKN Sisdamas, Sertifikasi Halal

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat Desa Pusakajaya, makan maka terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud knowledge demokrasi. KKN Sisdamas adalah Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan secara luring di lokasi yang sudah ditentukan berbasis pemberdayaan masyarakat. Pelaksanaan KKN Reguler Sisdamas dikemas dengan memadukan antara proses belajar sosial bagi peserta KKN, pengabdian kepada masyarakat, dan riset sosial melalui tahapan-tahapan siklus pemberdayaan. Pengabdian dilakukan melalui kegiatan: Silaturahmi dengan warga Pusakajaya, Sosialiasi Lingkungan Hidup, Sosialisasi dampak gadget, KKN mengajar, Program rumah pintar, Gotong royong kebersihan. Hasil pengabdian memberikan gambaran naiknya semangat dan inisiatif masyarakat Desa mengenai pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola sampah, pentingnya bijak dalam memberikan gadget terhadap anak, serta naiknya minat baca bagi anak dan tingkat peduli masyarakat tentang pentingnya pendidikan sebagai investasi masa depan, bimbingan belajar dan pembuatan alat wujud tak wujud bagi Desa sebagai bahan dalam memudahkan pekerjaan perangkat Desa dalam tugasnya.

Kata Kunci: Desa Pusakajaya, pengabdian, KKN, Sertifikasi Halal

Referensi

Abdullah, I. 2017. Mandatory Sertifikasi Halal dan Keberlansungan Dunia Usaha. Tersedia online pada https://republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/17/12/28/p1npq4396-mandatory-sertifikasi-halal-dan-keberlansungan-dunia-usaha , diakses 8 September 2023.

Akim, Konety, Purnama, Hizma, (2018). Pemahaman Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Jatinangor Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan. Tersedia online pada https://www.researchgate.net/publication/332382254_PEMAHAMAN_USAHA_MIKRO_KECIL_DAN_MENENGAH_UMKM_DI_JATINANGOR_TERHADAP_KEWAJIBAN_SERTIFIKASI_HALAL_PADA_PRODUK_MAKANAN, diakses pada 8 September 2023.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d)

Nasar, M. F. 2017. Negara dan Sertifikasi Halal Indonesia Negara dan Sertifikasi Halal Indonesia. Tersedia online pada https://kemenag.go.id/berita/read/505898/negara-dan-sertifikasi-halal-indonesia, diakses pada 8 September 2023

Salehudin, I. 2010. Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation. Asean Marketing Journal, 2(1): 1–12.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Nanta Setia, Diana Nurliana, Rahul Achmad Fadillah, & Syifa Fadia. (2024). 23. Sinergitas Mahasiswa KKN 352-Sisdamas dan Masyarakat Desa Pusakajaya Dalam Sertifikasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(2), 239–246. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2229

Terbitan

Bagian

Articles