Pemberdayaan Masyarakat Melalui Seminar Cerdas Bersosial Media dengan Metode Ceramah dan Diskusi pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Giri Mukti

Penulis

  • Adelia Nugraha uin sunan gunung djati bandung
  • Muh. Rizki Zam Zam uin sunan gunung djati bandung
  • Utami Muna Muthmainnah uin sunan gunung djati bandung

Kata Kunci:

Pemberdayaan Masyarakat, Cerdas Bersosial Media

Abstrak

Media sosial adalah platform yang digunakan oleh seorang dan kelompok dalam berinteraksi, membuat konten, berjualan, membagikan informasi, hiburan, berkomunikasi secara online dan banyak lagi. Pengguna media sosial dapat membagikan teks, gambar, dan vidio dan dapat berkomunikasi melalui komentar, pesan, dan memberi tanggapan terhadap konten yang dibagikan. Tidak sedikit anak-anak dibawah umur yang mempunyai media sosial, salah satu dari fakornya adalah perkembangan teknologi dan pertumbuhan akses internet yang cepat dan luas. Pada artikel ini berfokus pada seminar pendidikan ‘Cerdas Bersosial Media : Berpikir Sebelum Bertindak’ yang dilaksanakan di SD Negeri Girimukti desa Lebakwangi,kecamatan Arjasari, kabupaten Bandung. Seminar ‘Cerdas Bersosial Media : Berpikir Sebelum Bertindak’ ini berfokus pada kelas 4, 5, dan 6. Tujuan dari pengabdian pada pelaksanaan seminar ini adalah untuk memberikan arahan tentang cara menggunakan media sosial cerdas dan aman, berperilaku baik dan etis, menjaga privasi, tidak menyebarkan informasi palsu, mengarahkan siswa untuk kreatif dan inovatif menggunakan media sosial untuk tujuan pendidikan dan sosial.Metode yang digunakan dalam pengabdian pada pelaksanaan seminar adalah ceramah dan  diskusi. Hasil dari pengabdian ini pada pelaksanaan seminar siswa berhati-hati dalam memposting, berkomentar, berkomunikasi, dan dalam memilih game online. Dampak yang didapatkan dari seminar adalah siswa dapat lebih bijak dalam bersosial media, dapat menuangkan kreatifitas yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Referensi

Fajar , M., & Machmud, H. (2020). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar I (1), 46-52.

Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal Edukasi II, 1.

Nasirudin, M., Faizah, M., Hartono, A., & Wicansa, Y. (2021). Menjaga Generasi Bangsa untuk Cerdas Berteknologi dan Bermedia Sosial. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (1), 32-35.

Sari, Y. W. (2019). Menciptakan Generasi Yang Bijak Dalam Penggunaan Media Sosial . El-Tarbawi 12, 1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Nugraha, A., Muh. Rizki Zam Zam, & Utami Muna Muthmainnah. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Seminar Cerdas Bersosial Media dengan Metode Ceramah dan Diskusi pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Giri Mukti. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 258–264. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2219

Terbitan

Bagian

Articles