27 Meningkatkan Motivasi Masyarakat untuk Kesadaran Bergotong Royong Guna Memperkuat Solidaritas dalam Kehidupan di Desa Jagabaya

Authors

  • Rizki Novelina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizki Novelina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maya Kusmayanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizki Sholahudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Husni Rofiq

Keywords:

Sosial, Masyarakat, Gotong Royong, Solidaritas

Abstract

Penelitian ini memaparkan permasalahan sosial pada masyarakat di desa Jagabaya tepatnya di dusun pasir lanjung RW 03, kesadaran untuk bergotong royong itu kecil sehingga nilai solidaritas menurun, tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan kembali solidaritas masyarakat dalam bergotong royong, peneliti menggunakan metode siklus yang sudah tertulis di Juknis KKN Sisdamas 2023, dimulai dari observasi,wawancara,menyimpulkan hasil observasi dan mendiskusikan dengan teman sekelompok,adapun hasilnya setelah mengetahui permasalahan di masyarakat peneliti mengadakan rempug warga untuk membahas gotong royong mingguan, gotong royong untuk mempersiapkan pelaksanaan 17 agustus bersama elemen masyarakat seperti karang taruna,warga,serta tokoh masyarakat lainnya. Permasalahan sosial yang ada di Desa Jagabaya RW 03 kurangnya kerja sama antar warga dan kurangnya solidaritas dalam kehidupan. Sehingga dari permasalahan tersebut yang menjadi fokus utama pengabdi adalah mengadakan gotong royong dalam kerja bakti membersihkan lingkungan warga di sekitar RW 03 Desa Jagabaya yang dilaksanakan rutinan, sehingga mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan kesadaran gotong royong guna memperkuat solidaritas dalam kehidupan.

References

Dewanti. P, Alhudawi. U, & Hodiani. 2023. Gotong Royong Dalam Memperkuat Partisipasi Warga Negara (Civic Participation). Pancasila and Civic Education Journal. 2 (1). 15-17.

Rolitia. M, Achdiani. Y, & Eridiana. W. 2016. NILAI GOTONG ROYONG UNTUK MEMPERKUAT SOLIDARITAS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT KAMPUNG NAGA. Jurnal Pendidikan Sosiologi. 6(1). 1-2.

JUKNIS KKN Reguler Sisdamas. (2022). LP2M. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Pasya, Gurniwan K. (1987). Gotong Royong dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tutesa, Yossita Wisman, 2020, Permasalahan Sosial Pada Masyarakat, Jurnal Pengetahuan Sosial, Vol. 2 hal.94-99

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Rizki Novelina, Rizki Novelina, Maya Kusmayanti, Rizki Sholahudin, & Husni Rofiq. (2024). 27 Meningkatkan Motivasi Masyarakat untuk Kesadaran Bergotong Royong Guna Memperkuat Solidaritas dalam Kehidupan di Desa Jagabaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 304–312. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2209

Issue

Section

Articles