28 ANALISIS MENGENAI HASIL PENGAMATAN KKN TERHADAP MASYARAKAT DESA CIPATIK: Perilaku Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Cipatik, Kecamatan Cihampelas

Authors

  • Moh. Rido Fauzi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Syifa Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

pengetahuan, sikap, perilaku, pengelolaan sampah, sampah rumah tangga

Abstract

Produksi sampah rumah tangga selalu berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah penduduk dan juga dipengaruhi oleh pola konsumsi rumah tangga. Selayaknya masyarakat desa pada umumnya, masyarakat Desa Cipatik memiliki kebiasaan untuk membakar sampah rumah tangga. Dengan demikian berdasarkan data dilapangan dan hasil temuan, tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana hubungan pengetahuan dan sikap dapat mempengaruhi perilaku masyarakat Desa Cipatik dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian merupakan pengurus Rukun Tetangga (RT) yang terdiri dari 115 Kepala keluarga (KK). Sampel penelitian diambil dengan teknik random probability sampling dengan jumlah minimum dihitung dengan rumus Slovin. Sehingga diperoleh jumlah sampel minimum sebanyak 89 Kepala Keluarga (KK). Alat pengumpulan data adalah kuesioner dan teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, uji-t, dan uji-f dengan perangkat SPSS untuk menguji pengaruh secara parsial dan simultan dari pengetahuan dan sikap terhadap perilaku. Hasil penelitian menemukan bahwa pengetahuan responden terkait pengelolaan sampah rumah tangga masih kurang, begitu pula sikap dan perilakunya. Selain itu, berdasarkan hasil uji regresi berganda secara simultan (bersama-sama) menunjuukan bahwa pengetahuan dan sikap mempengaruhi perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah secara signifikan.

References

Annur. “Komposisi Timbulan Sampah Nasional 2022.” katadata.co.id, 2022. Timbulan Sampah Indonesia Mayoritas Berasal dari Rumah Tangga (katadata.co.id).

Green, L. Health Promotion Planning, An Educational and Environmental Approach. 2nd Editio. California: Mayfield Publishing Company, 2000.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia., 2015.

Marojahan, Ricky. “Hubungan Pengetahuan Masyarakat Tentang Sampah Dengan Perilaku Mengelola Sampah Rumah Tangga Di RT 02 Dan RT 03 Kampung Garapan Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang.” Jurnal Forum Ilmiah 12, no. 1 (2015): 33–44.

Notoatmodjo, Soekidjo. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Pambudi, dkk. “Analisis Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pengelolaan Sampah Terhadap Perilaku Warga Dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.” Jurnal Kesehatan Kusuma Husada 2, no. 8 (2017): 101–8.

Puspitawati, dkk. “Kajian Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Dengan Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Di Kelurahan Larangan Kota Cirebon.” Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota 8, no. 4 (2012): 349–59.

Saputra, dkk. “Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Pengelolaan Sampah Pada Karyawan Di Kampus Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.” Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat 11, no. 1 (2017): 22–27.

Siregar, S. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Walgito, Bimo. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Abadi, 2006.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Fauzi, M. R., & Rahmawati, S. (2024). 28 ANALISIS MENGENAI HASIL PENGAMATAN KKN TERHADAP MASYARAKAT DESA CIPATIK: Perilaku Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Desa Cipatik, Kecamatan Cihampelas. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(3), 313–325. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2208

Issue

Section

Articles