The Role of UIN Bandung KKN Students and the Community in Carrying Out Muharram Traditions as Islamic Cultural Heritage in RW 12 Baros Village

Peran Mahasiswa KKN UIN Bandung dan Masyarakat dalam Melakukan Tradisi Muharram sebagai Warisan Budaya Islam di RW 12 Desa Baros

Penulis

  • Naufal Muhammad Filgo Seprianza Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Harish Ibrahim
  • Misbah Husnudur

Kata Kunci:

KKN Colegians, Community, Muharram Traditions, Islamic Cultural Heritage, Baros Village, UIN Bandung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran mahasiswa KKN UIN Bandung dan masyarakat dalam melaksanakan tradisi Muharram sebagai warisan budaya Islam di RW 12 Desa Baros. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membuka Kesadaran masyarakat terhadap merefleksikan perjalanan spiritual yang lalu dan memulai kembali dengan tekad yang baru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen terkait. Informan penelitian meliputi mahasiswa KKN, tokoh masyarakat, dan peserta tradisi Muharram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran mahasiswa KKN UIN Bandung dalam menjaga dan melaksanakan tradisi Muharram sangat penting. Mahasiswa ikut aktif dalam mendokumentasikan tradisi Muharram, mengoordinasikan kegiatan, dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait makna serta nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi tersebut. Selain itu, peran masyarakat lokal juga berperan aktif dalam menjalankan tradisi Muharram, baik sebagai peserta maupun pendukung acara.

Referensi

A. Arki, and Z. Mina, ““Trend Baru Islam Awal Abad 21,” Nazrahat, vol. 25, no. 2, pp. 98-108, 2019.

A. Sukron, and E. Azis, “Relevansi Perayaan Tahun Baru Dalam Perspektif Moderasi Beragama,” Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, vol. 8, no. 1, pp. 153-167, 2023.

Ambar, Jaelani, and H. Nurul, “Etnografi Komunikasi Dalam Tradisi Perahu Hias Turun Sungai pada Peringatan 1 Muharram di Desa Tengguli Kecamatan Sajad,” Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan dan Bimbingan Masyarakat Islam, vol. 6, no. 2, pp. 70-82, 2023.

C. Romadlon, “Tradisi Masyarakat Serta Hikmah Dibalik Peringatan Tahun Baru Islam,” IJRC: Indonesian Journal Religious Center, vol. 1, no. 2, pp. 85-92, 2023.

Japarudin, “Tradisi Bulan Muharram di Indonesia,” Tsaqofah & Tarikh, vol. 2, no. 2, pp. 167-180, 2017.

R. M. Gilang, A. Karisya, A. H. Katarina, and F. Hisny, “Tradisi Pawai Obor Dalam Memperingati Tahun Baru Islam di Kabupaten Purwakarta,” Sibatik Journal, vol. 1, no. 11, pp. 2467-2474, 2022.

Ridianto,“Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Pawai Obor 1 Muharram,” Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 1, no. 8, pp. 746-753, 2022.

Syardiansah, “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa,” JIM UPB, vol. 7, no. 1, pp. 57-68, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Seprianza, N. M. F., Ibrahim, H., & Husnudur, M. (2024). The Role of UIN Bandung KKN Students and the Community in Carrying Out Muharram Traditions as Islamic Cultural Heritage in RW 12 Baros Village: Peran Mahasiswa KKN UIN Bandung dan Masyarakat dalam Melakukan Tradisi Muharram sebagai Warisan Budaya Islam di RW 12 Desa Baros. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 237–244. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2204

Terbitan

Bagian

Articles