28 Modernisasi Pendidikan : Degradasi Pendidikan atas Fasilitas yang Tidak Merata di Desa Bandasari

Penulis

  • Ersa Nurdiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Qolbun Salim
  • Nida Mujahidah Fatonah

Kata Kunci:

Modenisasi, Degradasi, Pendidikan

Abstrak

Pendidikan merupakan proses sistematis yang dibuat untuk menyampaikan pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dan budaya antara guru dan siswa. Hal ini melibatkan pengajaran, pembelajaran dan pengembangan individu agar dapat bermanfaat untuk masyarakat. Modernisasi pendidikan memiliki peranan yang cukup besar dalam melakukan perubahan dan kemajuan di bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana modernisasi pendidikan yang terjadi di beberapa instansi pendidikan di Desa Bandasari Kecamatan Cangkuang, apakah telah mengimplementasikan modernisasi pendidikan dengan maksimal atau justru mengalami degradasi di instansi pendidikan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modernisasi pendidikan masih belum terjadi secara maksimal di Instansi Pendidikan yang ada di Desa Bandasari, hal ini dikarenakan kurangnya fasilitas dan media digital yang menunjang media pembelajaran.

Referensi

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan(Konsep,Teori, dan Aplikasinya). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188-194.

Primadata, A. P., & Kusumawati, D. K. (2014). Modernisasi Pendidikan di Indonesia Sebuah Perspektif Sosiologis Terhadap Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Analisa Sosiologi, 26-51.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Nurdiana, E., Muhammad Qolbun Salim, & Nida Mujahidah Fatonah. (2024). 28 Modernisasi Pendidikan : Degradasi Pendidikan atas Fasilitas yang Tidak Merata di Desa Bandasari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 260–265. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2203

Terbitan

Bagian

Articles