30 Edukasi Pengelolaan Sampah Melalui Kegiatan Gotong Royong Untuk Meningkatkan Kualitas Lingkungan Di Desa Sukamaju Dusun Lebakjaya

Authors

  • salsa aprilia Uin Sgd Bandung

Keywords:

Gotong royong, Kebersihan Lingkungan.

Abstract

Kegiatan  jumat  bersih  merupakan  kegiatan bersih-bersih  dan gotong royong yang dilaksanakan setiap  hari jumat yang dilakukan rutin oleh warga setempat bersama mahasiswa KKN Sisdamas Reguler Kelompok 181 yang mengabdi di Dusun Lebakjaya. Namun satu permasalah yang dihadapi Desa Sukamaju khususnya Dusun Lebakjaya ialah kurangnya kesadaran sebagian dari masyarakat dalam menanamkan rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Berdasarkan judul tersebut kegiatan Jumat bersih yang dilakukan bertujuan untuk Pembentukan Karakter tentang pentingnya kebersihan lingkungan diharapkan menjadi kegiatan rutin yang dapat dilakukan merata di seluruh wilayah dusun Lebakjaya agar menciptakan rasa peduli terhadap kebersihan lingkungan yang sehat dan bersih.Metode pelaksanaan dalam  program KKN di Dusun Lebakjaya pada program kerja tambahan jumat bersih dilakukan  dengan mengkonfirmasi kepada jajaran aparatur Desa Sukmaju untuk lokasi kegiatan bersih-bersih dan melakukan kegiatan turun lapangan bersama seluruh warga. Oleh karena itu kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam program ini adalah gerakan jumat bersih-bersih membersiakn saluran air.  Hasildari kegiatan KKN ini telah dilakukan kegiatan Jumat bersih dengan melakukan kegiatan turun lapangan dan melakukan kegiatan bersih-bersih disekitar Dusun Lebakjaya agar masyarakat setempat dapat menciptakan lingkungan yang sehat.

References

Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan (studi di kawasan objek wisata alam gunung galunggung desa linggajati kecamatan sukaratu kabupaten tasikmalaya). Jurnal Geografi, 4(1).

Wijaya, Y. F., & Muchtar, H. (2019). Kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sungai. Journal of Civic Education, 2(4), 405-411.

Khairunnisa, K., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, N., Dewi, N. K., Saputra, H. H., & Wati, T. L. (2019). Kampanye Kebersihan Lingkungan melalui Program Kerja Bakti Membangun Desa di Lombok Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Irawati, D. Y., Hartono, Y., & Marcella, O. (2019). Peningkatan Lingkungan Bersih dan Sehat di Kampung Kalisari Timur I, Surabaya. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 3(2), 47-52.

Basuki, K. H., Rosa, N. M., & Alfin, E. (2020). Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Menata Lingkungan Yang Asri, Nyaman Dan Sehat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 1-9.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

aprilia, salsa. (2024). 30 Edukasi Pengelolaan Sampah Melalui Kegiatan Gotong Royong Untuk Meningkatkan Kualitas Lingkungan Di Desa Sukamaju Dusun Lebakjaya . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 280–289. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2178

Issue

Section

Articles