Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pendidikan Tingkat Lanjut di Dusun 4 Desa Panyocokan

Authors

  • Meira Widianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tiara Mudy Azahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Faiz Al Fauzi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Kesadaran, Masyarakat, Pangabdian

Abstract

Penelitian pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Desa Panyocokan Dusun 4 akan pentingnya pendidikan tingkat lanjut. Metode yang digunakan melibatkan serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat, termasuk wawancara dengan tokoh masyarakat setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Desa Panyocokan Dusun 4 belum sepenuhnya menyadari pentingnya pendidikan tingkat lanjut. Oleh karena itu, melalui kegiatan wawancara dan penyuluhan, kami berhasil meningkatkan kesadaran mereka tentang manfaat pendidikan tingkat lanjut dalam meningkatkan kualitas hidup dan peluang pekerjaan. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan tingkat lanjut, termasuk kendala ekonomi dan jarak tempuh yang cukup jauh. Sebagai hasil dari penelitian ini, kami merekomendasikan adanya program pendidikan dan informasi yang lebih aktif di tingkat desa, serta upaya kolaboratif antara masyarakat, pemerintah, dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan akses dan partisipasi dalam pendidikan tingkat lanjut. Dengan demikian, diharapkan masyarakat Desa Panyocokan Dusun 4 dapat lebih memahami pentingnya pendidikan tingkat lanjut dan mengambil langkah-langkah konkret untuk mengembangkan potensi mereka melalui pendidikan yang lebih tinggi.

References

Nurul Hasanah, K. P. (2021). Sosialisasi Tentang Pentingnya Pendidikan Tingkat Perguruan Tinggi Kepada Masyarakat Desa Jaring Halus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 23-29.

Risalah. Ramdani, Rohmanur, Fridayanti, Yadi, Wisnu, Zulqiah, Muh. Muttaqin, 2017. Panduan KKN Sisdamas (Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rizal Furqon Ramadhan, L. F. (2023). Pembekalan dan Sosialisai Pentingnya Pendidikan Tinggi Bagi Generasi di Era 5.0. Journal of Research Application in Community Service, 59-65.

Sedyati, R. N. (2022). Perguruan Tinggi Sebagai Agen Pendidikan dan Agen Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 155-160.

Yasril Yazid, Nur Alhidayatillah, 2017. Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Lingkungan.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Widianti, M., Azahra, T. M., & Al Fauzi, M. F. (2024). Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pendidikan Tingkat Lanjut di Dusun 4 Desa Panyocokan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 231–237. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2161

Issue

Section

Articles