Pengaruh Kegiatan Rumbel (Rumah Belajar) Secara Privat Terhadap Semangat Belajar Pada Anak di Kampung Cimaung Sabeulah

Authors

  • Ahmad Najib UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Maolana Yusuf UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Raysa Addiniyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dedi Wahyudi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pengaruh, Rumah Belajar, Semangat Belajar

Abstract

Kampung Cimaung Sabeulah, yang terletak di Desa Cimaung dan berada di RW 03, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, merupakan lokasi yang dihadapkan pada tantangan dalam pendidikan anak-anaknya. Menyikapi tantangan ini, Mahasiswa KKN kelompok 62 memutuskan untuk menghadirkan inovasi berupa Rumah Belajar (Rumbel) sebagai langkah solutif. Rumbel diciptakan dengan tujuan utama memfasilitasi proses pembelajaran, terutama bagi anak-anak yang menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru di sekolah dan juga memberikan materi tambahan baik pengetahuan umum maupun akademik siswa yang belum diketahui. Pendekatan yang diadopsi dalam Rumbel ini adalah metode observasi dan tindakan lapangan, di mana para mahasiswa melakukan pengamatan langsung terhadap tingkah laku dan aktivitas siswa. Hasil dari kegiatan Rumbel yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN kelompok 62 telah terbukti mampu meningkatkan semangat belajar dan pemahaman anak-anak di Kampung Cimaung Sabeulah.

References

Arikunto, Suharsimi. “Prosedur Penelitian, Jakarta.” Rineka Cipta, 2010.

Fadhillah, Dhilla Fikri, Mochamad Taufik Abdilah, Jurusan Pendidikan Kimia, Jurusan Manajemen, Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi, Bisnis Islam, et al. “MOTIVASI SERTA PEMAHAMAN BELAJAR ANAK DI RW 06 KAMPUNG CISAMPIH THE EFFECT OF MENTORING LEARN ( PILAR ) ON THE MOTIVATION AND LEARNING UNDERSTANDING OF CHILDREN IN RW,” n.d., 1–8.

Ismail, Muhammad Ilyas. “Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Prinsip, Tetnik Dan Prosedur,” 2022.

Tampubolon, Saur. “Penelitian Tindakan Kelas.” Jakarta: Erlangga, 2014.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Najib, A., Yusuf, M., Addiniyah, R., & Wahyudi, D. (2024). Pengaruh Kegiatan Rumbel (Rumah Belajar) Secara Privat Terhadap Semangat Belajar Pada Anak di Kampung Cimaung Sabeulah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 91–104. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2153

Issue

Section

Articles