Pemberdayaan Kajian Keagamaan/Dakwah Dan Revitalisasi Kotak Kebaikan Di Kampung Sirnagalih Desa Sekarwangi

Authors

  • Muhammad Yusuf Algifari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rini Sulastri UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan, Dakwah, Revitalisasi, Kotak Kebaikan

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan dari kebaikan-kebaikan manusia muncul karena adanya dasar agama Islam yang melekat pada masyarakat kita. Kajian-kajian keagamaan atau dakwah mulai pudar jika kita tidak mempersiapkan estafeta perjuangan dakwah dari orang tua kita. Banyak kalangan-kalangan muda yang tidak mau bahkan sukar untuk berjihad menegakkan kebaikan dan menegakkan agama Islam secara kaffah. Kampung Sirnagalih Desa Sekarwangi menjadi salah satu daerah yang memang sangat perlu membangun dan memulai sebuah kajian keagamaan dengan mengadakan majelis ilmu, maka dari itu menjadi problema penelitian ini. Kurangnya kesadaran akan pentingnya mencari ilmu agama secara berkesinambungan. Masyarakat hari ini digolongkan kepada masyarakat yang minim sekali sosialisasi antar warga, banyak yang mementingkan kepentingan sendiri tanpa melihat betapa susahnya perjuangan hidup seseorang disekitar lingkungan kita. Dengan adanya satu inovatif yang baru yang memiliki tujuan dan menjadikan pemberdayaan kajian keagamaan atau dakwah serta revitalisasi kotak kebaikan di kampung Sirnagalih Desa Sekarwangi bisa menjadikan hal yang patut dicontoh dan berkesinambungan dalam berbuat baik kepada sesama dan kepada lingkungan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang dimana bisa menjadi objek yang dijadikan makna sesuai dengan kondisi lingkungan yang diteliti. Kemudian dengan diadakannya KKN-DR SISDAMAS di Desa Sekarwangi menjadikan peneliti ikut andil dan berimplementasi terhadap masalah-masalah yang dihadapi, dengan melaksanakan kajian keagamaan/dakwah secara rutin selama seminggu 2 kali menjadikan masyarakat sekarwangi menjadi terbangun ikut andil dan hadir di majelis ilmu dengan jumlah orang yang terus banyak setiap minggunya dan dengan pelaksanaan program kotak kebaikan yang terlaksana sekali dalam program terakhir tentu akan menularkan kebaikan pula kepada semua kalangan dan menjadi batu loncatan kepada orang-orang agar wajilatqulubuhum terhadap kebersyukuran kita terhadap sang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

References

Anshari Hafi. 1993. Pemahaman dan Pengamalan Dakwah. Surabaya: Al-Ikhlas

Aripudin Acep. 2013. Sosiologi Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

D. Hendropuspito. 1998. Sosiologi Agama. Yogyakarta: Kanisius.

Mahfuz Ali. 1952. Hidayat Al-Murshidin. Kairo: Dar Al-Kutub Al-Arabiyah.

Syari’ati Ali. 1993. Umah dan Imamah. Lampung: YAPI

Sukayat Tata. 2015. Ilmu Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Watik Pratiknya, Ahmad. 1991. Identifikasi Masalah Pendidikan Agama Islam di Indonesia dalam A.Syafi’i Ma’arif Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Qardhawi Yusuf. 2010. Fiqh Jihad Sebuah Karya Monumental Terlengkap Tentang Jihad Menurut Al-Quran dan As-Sunah. Bandung: Mizan.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Algifari, M. Y. ., & Sulastri, R. . (2021). Pemberdayaan Kajian Keagamaan/Dakwah Dan Revitalisasi Kotak Kebaikan Di Kampung Sirnagalih Desa Sekarwangi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(22), 141–152. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/213

Issue

Section

Articles