Upaya Mempererat Persaudaraan di RW 14 Desa Pangalengan Melalui Pembentukan Ikatan Remaja Masjid (IRMAS)

Authors

  • Nuni Aisyah social
  • Nadia Nurhalifah UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Rifla Mufarihana Zahira UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Siti Jubaedah UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Keywords:

Sosial, persaudaraan, Masyarakat, IRMAS

Abstract

Persaudaraan yang kuat dan harmonis sosial adalah aspek penting dalam membangun masyarakat yang berkelanjutan dan sejahtera. Oleh karena itu artikel ini membahas peran penting yang dimainkan oleh Ikatan Remaja Masjid dalam mempererat persaudaraan di Rw 14 Desa Pangalengan. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis berbagai kegiatan dan inisiatif yang dilakukan oleh Ikatan Remaja Masjid di Rw 14 Desa Pangalengan. Artikel ini juga menyoroti bagaimana Ikatan Remaja Masjid berfungsi sebagai wadah untuk membangun persaudaraan yang kuat di antara masyarakat-masyarakat Rw 14 Desa Pangalengan. Dengan memberikan ruang bagi pendidikan, pengembangan kepemimpinan, dan kontribusi positif pada masyarakat, organisasi ini berperan kunci dalam menciptakan masyarakat desa yang harmonis dan berdaya. Hal ini  juga menekankan pentingnya terus mendukung dan memperluas peran Ikatan Remaja Masjid dalam mempererat persaudaraan di tingkat Desa Panagalengan.

Adapun pendekatan yang digunakan dlam KKN ini yaitu [endekatan SISDAMAS yang dalam kegiatan pembelajaran yang memadukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Desa Pangalengan yang  dilakukan  oleh mahasiswa untuk turut melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat  penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif ini adalah suatu pendekatan yang proses pengukuranya tidak melalui angka-angka atau ukuran lain yang bersifat pasti. Dalam pendekatan kualitatif, peneliti menjadi instrumen yang  berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu. Artikel ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan dalam memahami dinamika sistem sosial masyarakat dan mengembangkan solusi yang tepat guna untuk tantangan sosial yang kompleks.

References

adon, J. N. (2022). "Metode Penelitian Sosial". Bandung: Pusat Penelitian Dan Penerbitan Uin Sgd Bandung.

Amran, A. (2015). Peran Agama Dalam Perubahan Sosial Masyarakat. 26-31.

Husmaini, Prurwati, E., & Zein, R. (2017). Laporan Akhir Kkn-Ppm. 4-6.

Kuntardi, D. S. (202). Dinamika Sistem Sosial Masyarakat Pedesaan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Idea Publishing, 1-10.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Aisyah, N., Nurhalifah, N., Zahira, R. M., & Jubaedah, S. (2024). Upaya Mempererat Persaudaraan di RW 14 Desa Pangalengan Melalui Pembentukan Ikatan Remaja Masjid (IRMAS). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 265–273. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2118

Issue

Section

Articles