Optimalisasi Peran Koperasi Syariah Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Desa Arjasari Melalui Seminar

Authors

  • Melida Indriani Melida Mahasiswa
  • Laela Parhat Laela
  • Tifanny Alya Zahra

Keywords:

Koperasi Syariah, Pemberdayaan, Ekonomi Masyarakat

Abstract

Adanya Koperasi syariah dapat berperan dalam mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap lembaga-lembaga keuangan tidak resmi yang banyak beredar di lingkungan desanya. Desa Arjasari memiliki masalah perihal masih ada sebagian warganya yang suka meminjam uang di tempat peminjaman uang yang tidak resmi seperti Bank Keliling atau sering disebut juga dengan “Bank Emok”. Berdasarkan hasil observasi Kelompok KKN SISDAMAS 4 dapat diambil informasi bahwa masyarakat Desa Arjasari membutuhkan edukasi mengenai koperasi syariah. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan penyuluhan dan sosialisasi terkait dengan pentingnya pemahaman terkait koperasi syariah . Target utama dari sosialisasi ini adalah seluruh warga di wilayah Desa Arjasari. Metode pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini berupa sosialisasi dan edukasi melalui seminar, pendampingan, penyuluhan, dan pemberdayaan. Dengan adanya program seminar dan sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan pemehaman kepada masyarakat di Desa Arjasari. Hasil dari seminar ini warga masyarakat desa Arjasari dapat mendaparkan pemahaman terkait koperasi syariah.

References

Frida, Neng. 2023. "Peran Koperasi Syariah BMT El-Mizan Annafii dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat." Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 27-32.

Hutagalung, Muhammad Wandisyah R. 2021. "Peran Koperasi Syariah Dalam Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat di Indonesia." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 1494-1498.

Kasih, Dar. 2022. "Peran Koperasi Unit Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Tanjung Bungong Kecamatan Kaway XVI." At-Tasyri' Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah 57.

Safe'i, Abdulah. 2012. "Koperasi Syariah: Tinjauan Terhadap Kedudukan dan Peranannya dalam Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan." Media Syariah Wahana Kajian Hukum Islam dan Pranata Sosial 43-46.

Suhairiyah, Aang Kunaifi, and Abdul Kadir. 2021. "Preferensi Masyarakat Pedesaan Terhadap Produk Keuangan Syariah." Jurisy; Jurnal Ilmiah Syariah.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Melida, M. I., Laela, L. P., & Tifanny Alya Zahra. (2024). Optimalisasi Peran Koperasi Syariah Dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Desa Arjasari Melalui Seminar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 245–257. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2116

Issue

Section

Articles