Peran Mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung Dalam Peningkatan Pembelajaran di Madrasah Al-Barokah Lebaksaat

Authors

  • Teddiansyah Nata Negara UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fadhila Nurul ‘Izza UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Filza Camelia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hazmi Kasyfil Ghali Ridwan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Alfiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kurikulum, Pengajaran, Pemberdayaan

Abstract

Penelitian ini menggambarkan peran mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam meningkatkan pembelajaran di Madrasah Al-Barokah Lebaksat. Studi ini mengeksplorasi berbagai kontribusi mahasiswa terhadap pengembangan kurikulum, pengajaran, dan pemberdayaan masyarakat dalam konteks KKN, serta dampak positifnya terhadap pembelajaran di madrasah tersebut. Hasil penelitian ini mencerminkan pentingnya keterlibatan mahasiswa dalam mendukung perkembangan pendidikan di masyarakat.

References

Kodim, H. (2021). Petunjuk Teknis KKN . Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Soedijarto, B. (2018). Urgensi Pendidikan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(2), 179-188.

Hamid, A. (2020). Pentingnya Pendidikan dalam Mengatasi Tantangan Global. Jurnal Pendidikan Global, 5(1), 56-67

Wijaya, I. M., & Pradnyawathi, N. P. (2019). Pendidikan sebagai Pilar Pembangunan Berkelanjutan: Perspektif Indonesia. Jurnal Pembangunan, 20(2), 176-189.

Nasution, R. M. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 45-56.

Yusuf, A. A. (2017). Urgensi Pendidikan Multikultural di Sekolah: Studi Kasus di Indonesia. Jurnal Kependidikan, 28(2), 123-134.

Suryanto, A. (2019). Pendidikan sebagai Instrumen Transformasi Sosial: Perspektif Global. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(2), 89-101.

Pratama, D. P., & Hidayat, T. (2018). Urgensi Pendidikan Keagamaan dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 176-187.

Handayani, D. S., & Rahayu, S. (2020). Peran Pendidikan dalam Membangun Kesadaran Lingkungan di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Lingkungan dan Pendidikan Lingkungan, 15(1), 34-45.

Widodo, A. (2017). Urgensi Pendidikan Literasi Digital di Era Digital. Jurnal Literasi, 6(1), 45-56.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Nata Negara, T., Nurul ‘Izza, F., Camelia, F., Kasyfil Ghali Ridwan, H., & Alfiyah, S. (2024). Peran Mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung Dalam Peningkatan Pembelajaran di Madrasah Al-Barokah Lebaksaat . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 158–166. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2109