Sosialisasi Terkait Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri Mekarwangi Desa Jagabaya Kecamatan Cimaung

Authors

  • Wafid Munawar Hakim UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Devika Lutfiatun Nurjanah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sarah Afrillyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pencegahan, Bullying, KKN

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memenuhi tugas akhir KKN yang sudah diberikan sebagai tugas mengabdi di Desa Jagabaya selama 40 hari sehingga dalam hal ini sosialisasi yang diadakan dapat membantu mengedukasi dan memberikan pengetahuan mengenai bagaimana cara mencegah dari adanya tindakan bullying kepada anak-anak Sekolah Dasar. Faktanya peristiwa yang paling hot di dunia pendidikan saat ini adalah kekerasan terhadap siswa lain (bullying) di sekolah. Bullying merupakan tindakan berulang-ulang dengan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan, kelompok yang lebih kuat akan menyerang kelompok yang lemah. Metode yang digunakan dalam penelitian yang telah dilaksanakan yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kegiatan sosialisasi di SD Negeri Mekarwangi Desa Jagabaya dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan tema “Mencegah Tindakan Bullying Pada Anak Tingkat Sekolah Dasar” yang sasaran ditujunya yaitu kelas III sampai kelas VI. Pengetahuan siswa siswi sebelum diberikannya materi sosialisasi mengenai pencegahan bullying hampir setengah dari jumlah siswa mengetahui pengetahuan yang cukup dan setengahnya lagi tidak mengetahui pengertian dari bullying. Sedangkan, sesudah dijelaskannya materi sosialisasi mengenai pencegahan bullying hampir seluruhnya menunjukkan pengetahuan yang telah didapatkannya dengan baik. Anak-anak dengan mudah terpengaruh terhadap informasi yang mereka dapatkan, salah satunya bullying. Dengan demikian, pemberian pengetahuan dan informasi kepada anak sangatlah penting dilakukan supaya tidak menimbulkan perilaku yang menyimpang seperti tindakan bullying.

References

Barbara Krahe. “Perilaku Agresif: Buku Panduan Psikologi Sosial.” 197-198. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Coloroso, B. “Stop Bullying: Memutuskan Rantai Kekerasan Anak Dari Pra Sekolah Hingga SMU.” Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta., 2003.

Crochick, J. L., & Crochick, N,. “Bullying, prejudice and school performance.” 2017.

Jayani. “Murid korban bully di indonesia tertinggi kelima di dunia.” PISA, 2019.

Keliat, Daulima, dan Farida,. “Manajemen Keperawatan Psikososial & Kader Kesehatan Jiwa.” Jakarta: EGC, 2011.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Sejumlah kasus bullying sudah warnai catatan masalah anak di awal 2020, begini kata komisioner KPAI. 2020. https://www.kpai.go.id/berita/sejumlahkasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-beginikata-komisioner-kpai.

Kurnia. “Bullying.” Yogyakarta: Relasi Inti Media, 2016.

Priyatna, A. “Let‘s End Bullying Memahami, Mencegah dan Mengatasi Bullying.” Jakarta: PT. Elex Media Komputindo., 2010.

Sejiwa. “Bullying (Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak.” Jakarta: Grasindo,, 2008.

Soedjatmiko, S., Nurhamzah, W., Maureen, A., & Wiguna, T. “Gambaran bullying dan hubungannya dengan masalah emosi dan perilaku pada anak sekolah dasar.” Sari Pediatri,, 2016.

Sugiyono. “Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d.” Bandung: Alphabet, 2019.

Suryani. “Stop Bullying,.” 49. Bekasi: Soul Journey,, 2016.

Wiyani, N.A. “Save Our Children FromSchool Bullying.” Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso. “Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat,.” 2017.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Hakim, W. M. ., Nurjanah, D. L. ., & Afrillyani, S. (2024). Sosialisasi Terkait Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri Mekarwangi Desa Jagabaya Kecamatan Cimaung . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 134–145. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2105

Issue

Section

Articles