Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pada Bidang Pendidikan di Desa Mayangan : KKN SISDAMAS

Authors

  • Siti Kartini UIN Sunan Gunung Djati
  • Nia Afifah Makavilia
  • Zafira Zahra Tsabitah

Keywords:

Masyarakat, Pemberdayaan, Pengembangan

Abstract

Masyarakat yang tinggal di perkampungan seringkali menghadapi tantangan dalam mendapatkan akses dan perhatian terhadap kebutuhan pengembangan, baik itu dalam aspek sosial, alam, maupun pendidikan. Salah satu contohnya adalah Desa Mayangan, yang terletak di Subang, Jawa Barat, yang memiliki sejumlah masalah yang belum terselesaikan dan potensi yang belum dimanfaatkan sepenuhnya. Dalam konteks ini, tujuan dari proyek pengabdian ini adalah untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat dan lingkungan di Desa Mayangan, dengan harapan dapat mendukung program-program berkelanjutan yang bermanfaat. Metode yang diterapkan dalam proyek ini mengadopsi siklus-siklus KKN SISDAMAS yang tercantum dalam petunjuk teknis pelaksanaannya. Melalui pendekatan ini, berbagai hasil positif dapat dicapai melalui kegiatan pemberdayaan bersama masyarakat, di antaranya adalah: Pertama, pengembangan pada sektor UMKM. Kedua, Pemberdayaan pada lingkungan hidup. Ketiga, pengelolaan tempat untuk wisata. Keempat, meningkatkan nilai kebangsaan. Kelima, pengembangan keagamaan. Dan terakhir, pemberdayaan pada minat pendidikan. Dalam konteks artikel ini, fokusnya adalah pada pemberdayaan dalam bidang pendidikan. Pemberdayaan pendidikan adalah salah satu langkah kunci dalam menjaga berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat Desa Mayangan, yang pada gilirannya dapat berdampak positif pada perkembangan desa secara keseluruhan.

References

Damsar. Pengantar Teori Sosiologi. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Endraswara, Suwardi. Metodologi Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Bukupop, 2014.

Firmansyah, D. “Analysis of Language Skills in Primary School Children (Study Development of Child Psychology of Language).” PrimaryEdu - Journal of Primary Education 2, no. 1 (2018).

Haryanta, Agung Tri, and Eko Sujatmiko. Agung Tri Haryanta. Surakarta: Aksarra Sinergi Media, 2012.

Nur’aini, Farida. Membentuk Karakter Anak Dengan Dongeng. Surakarta: Media Kreasi, 2010.

Nurholis. Pengantar Sosiologi Sastra. Bandung: Pustaka Setia, 2017.

Rasyidin, U, F.S Aziz, and D Firmansyah. “Pengaruh Novel Dilan Terhadap Karakter Siswa Dilihat Dari Tokoh Dilan.” Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia) 1, no. 3 (2018): 257–66.

Restianti, H. Peningkatan Mutu Pendidik Dalam Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: CV. Citra Praya, 2009.

Risa, Risza. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata. Surabaya: LPPM UNTAG, 2020.

Suryabrata, Sumadi. Metodelogi Penelitian Deskripstif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Kartini, S., Makavilia, N. A., & Tsabitah, Z. Z. (2024). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pada Bidang Pendidikan di Desa Mayangan : KKN SISDAMAS. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 267–283. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2096

Issue

Section

Articles