Peran Pemuda Dalam Pendampimgan Kegiatan Belajar Di Rumah Di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Yuyun Yuningsih UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ilma Nurma Latipah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pandemi, Pengabdian, Pengajaran

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai bidang salah satunya bidang pendidikan yang mengakibatkan pembelajaran akademik dirumah dan pergeseran peran guru disekolah menjadi peran orang tua dirumah. Tujuan program kegiatan belajar ini untuk mengatasi masalah dan membantu anak-anak yang mendapatkan hambatan saat pembelajaran jarak jauh atau PJJ, membantu meringankan beban orang tua dalam mengajarkan anak-anak dalam pelajaran jarak jauh, mengingat tidak semua orang tua dapat mendampingi anaknya selama belajar dari rumah karena banyak orang tua yang bekerja seharian, dan selama kegiatan pendampingan pembelajaran dirumah ini tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dalam kegiatan ini juga dilakulan kegiatan menyanyikan lagu nasional tepat pada tanggal 17 Agustus untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, karena ketika belajar dari rumah anak-anak tidak melakukan upacara pagi yang tentu tidak menyanyikan berbagai lagu nasional sehingga tidak sedikit anak-anak yang lupa bahkan tidak tahu lagu Indonesia raya karena belum pernah masuk sekolah dari pertama masuk kelas satu.

 

References

Desa Sindangpakuon. 2020. Profil Desa Sendangpakuon. Kecamatan Cimanggung. Kabupaten Sumedang

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 55-61.

Mira Juliya, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia, 281-294.

Mitra Binariang Lase, T. T. (2021). Urgenitas Pengawasan Orang Tua Dalam Menghadapi Psikologi Anak Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi. Xairete, 15-27.

Ni Nyoman Serma Adi, D. N. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 43-48.

Ratna Sari, M. N. (2020). Pemberdayaan Remaja Masjid Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Workshop Dan Simulasi Konseling Sebaya. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 190-203

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Yuningsih, Y. ., & Latipah, I. N. . (2021). Peran Pemuda Dalam Pendampimgan Kegiatan Belajar Di Rumah Di Era Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(22), 106–114. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/209

Issue

Section

Articles