Peningkatan Kapabilitas Kader PKK Melalui Kegiatan Training Editing

Authors

  • Putri Nuraeni UIN Sunan Gunung Djati
  • Raihan Lutfi UIN Sunan Gunung Djati
  • Zahara Falahazkya

Keywords:

Editing, pengabdian, KKN, program, masyarakat

Abstract

Belum ada penelitian yang komprehensif terkait pemberdayaan masyarakat mengenai pelatihan editing menggunakan smart phone di Indonesia, khususnya di perkampungan di Jawa Barat. Menyikapi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana peserta KKN Sisdamas melaksanakan pemberdayaan masyarakat melalui penggunaan smarphone untuk pengembangan potensi Desa Cikadu, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Metode penelitian ini diadopsi dari program kerja KKN Sisdamas yang diajukan oleh kader PKK. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap 20 kader PKK yang menggunakan smartphone dalam keseharian mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bantuan peserta KKN Sisdamas kelompok 279 berupa sosialisasi, pelatihan dan pembimbingan penggunaan smartphone untuk training editing, seluruh kader yang terlibat dalam penelitian ini mampu membuat poster digital. Terdapat tiga kelompok kader yang berasal dari RW yang berbeda. Mereka cekatan dalam mengoperasikan berbagai aplikasi editing yang menunjang kemampuan para kader PKK. Selain itu, merekapun telah mampu memanfaatkan berbagai macam fitur dalam aplikasi editing.

References

Pramuditya, D. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Tingkat Pemerintahan Desa. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol17(2), 129-140.

Sururie, Ramdani Wahyu, Rohmanur Aziz, Fridayanti, Yadi Mardiansyah, Wisnu Uriawan, and Zulqiyah. 2016. Paradigma dan Siklus KKN Sisdamas. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyaralat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati.

Fridayanti., Sururie, W.W., Aziz, R., Uriawan, W., Zulqiah., & Mardiansyah, Y. 2019. Model

KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung: Tantangan dan Peluang

Pelaksanaan. Alkhidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, Vol2(1), 23-27.

Ridwan, A.M., Hakim, R.N., & Firmansyah, E. 2018. Penerapan dan Tantangan dalam Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Tingkat Pemerintahan Desa.Tesis. Sumedang: STMIK Sumedang.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Nuraeni, P., Lutfi, R., & Falahazkya, Z. (2024). Peningkatan Kapabilitas Kader PKK Melalui Kegiatan Training Editing . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 294–300. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2084

Issue

Section

Articles