Program Temu Lapang Kawah Wayang

Penulis

  • Reva Afmaludin Malik UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilma Mutiara Winata
  • Savana Al-Gibran
  • Imam Arip

Kata Kunci:

Pengeloaan, Pemanfaatan, Pembelajaran aktiv

Abstrak

Abstrak  

Sumber daya manusia di Indonesia bisa dikatakan kurang mumpuni, terutama dalam pemanaatan dan pengeloaan sumber daya alam yang begitu melimpah hal ini dikarenakan masyarakat yang kurang paham akan alam itu sendiri. Banyak sekali lahan atau tanaman yang sebetulnya memiliki nilai ekonomis, tetapi tidak bsia dimanfaatkan dengan baik oleh kita, dengan adanya kriminalitas terhadap lingkungan yang tentunya tidak sesuai dengan norma yang berlaku di negara Indonesia. Hal ini merupakan salah satu problematika yang musti segera diselesaikan, agar tidak berakibat fatal bagi generasi muda selanjutnya dalam pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan. Dalam kasus ini, yang menjadi objeknya adalah Kawah Wayang yang berada di Desa Sukamanah, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung serta para murid Sekolah Dasar yang berada dalam lingkup desa Sukamanah Dalam penelitian ini menggunakan metode pengabdian yang dilakukan adalah melakukan survey yang telah dikumpulkan dari salah satu pengelola Kawah Wayang, lalu pembelajaran aktiv dari para murid Sekolah Dasar dengan tujuan untuk mengajak peserta didik belajar secara aktiv dan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar lebih maksima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) melalui program pengabdian kepada masyarakat, memberikan informasi, tata cara pengelolaan dan pemanfaatan lingkungan dengan baik 2) Peserta didik Sekolah Dasar (SD) dapat memahami cara untuk menanam tanaman dengan baik dan benar 3) Dengan tata kelola yang baik terhadap lingkungan akan menciptakan keindahan bagi alam dan meminimalisir kerusakan pada alam itu sendiri.

Kata Kunci : Pengeloaan, Pemanfaatan, Pembelajaran aktiv

Referensi

Hartanto, Deni, Muhammad Hidayattuloh, and Erica Albertina S. “Perancangan Strategi Promosi Kawah Wayang Di Bandung.” EProceedings of Art & Design 8, no. 6 (December 1, 2021). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16945/16662.

Lufri. Kiat Memahami Dan Melakukan Penelitian. UNP Press, 2007.

Wulansari, Betty Yulia, and Sugito Sugito. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat 3, no. 1 (March 5, 2016): 16. https://doi.org/10.21831/JPPM.V3I1.7919.

Website:

“Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol. 5 No. 2 Juli 2017. Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo. - Penelusuran Google.” Accessed September 7, 2023. https://www.google.com/search?q=Jurnal+dimensi+pendidikan+dan+pembelajaran+Vol.+5+No.+2+Juli+2017.+Ponorogo%3A+Universitas+Muhammadiyah+Ponorogo.&oq=Jurnal+dimensi+pendidikan+dan+pembelajaran+Vol.+5+No.+2+Juli+2017.+Ponorogo%3A+Universitas+Muhammadiyah+Ponorogo.&aqs=edge..69i57.614j0j1&sourceid=chrome&ie=UTF-8&bshm=rimc/1.

“Membahas Kawah Wayang, Surga Yang Tersembunyi Di Balik Kabupaten Bandung | Kumparan.Com.” Accessed September 7, 2023. https://kumparan.com/mohamad-haekal/membahas-kawah-wayang-surga-yang-tersembunyi-di-balik-kabupaten-bandung-1xyZiNosHIZ.

“Model Pembelajaran Active Learning | Edu Adventure.” Accessed September 7, 2023. https://eduadventure.blogspot.com/2012/08/model-pembelajaran-active-learning.html.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Malik, R. A., Winata, H. M. ., Al-Gibran, S., & Arip, I. (2024). Program Temu Lapang Kawah Wayang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 301–308. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2079

Terbitan

Bagian

Articles