Meningkatkan Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan Desa Melalui Optimalisasi Peran Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna RW 02 Desa Singajaya, Kec. Cihampelas, Kab. Bandung Barat)

Authors

  • Rifka Arifatul Istiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Partisipasi, pemuda, peran karang taruna, Pembangunan Desa

Abstract

Partisipasi pemuda dalam pembangunan desa merupakan faktor kunci untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif. Karang Taruna sebagai wadah organisasi pemuda lokal, memiliki peran strategis dalam mendorong partisipasi pemuda dan mengoptimalkan kontribusi mereka dalam proses pembangunan desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi peran Karang Taruna dalam meningkatkan partisipasi pemuda dalam upaya pembangunan desa yang efektif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis data kualitatif yang melibatkan wawancara dengan anggota Karang Taruna. Dengan memahami peran penting Karang Taruna dalam mendorong partisipasi pemuda, Penelitian ini memberikan panduan yang berharga bagi pemangku kepentingan kebijakan dan pemimpin Karang Taruna untuk mengambil langkah-langkah nyata dalam mengoptimalkan kontribusi pemuda dalam proses pembangunan desa. Oleh karena itu, penelitian ini berkontribusi pada upaya mencapai pembangunan desa yang lebih berkelanjutan dan inklusif dengan memanfaatkan potensi generasi muda secara maksimal.

References

Ambarsari, DIAR INDAH ARUM, and S Mardliyah. 2019. “Revitalisasi Karang Taruna Untuk Meningkatkan Partisipasi Pemuda Dalam Pembangunan Desa Di Desa Tretes Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.” Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 1–10.

Chambers, Robert. 1987. “Pembangunan Desa Mulai Dari Belakang.” Jakarta: Lp3es.

Hakim, Lukmanul. 2017. “Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Sukamerta Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang.” Jurnal Politikom Indonesiana 2 (2): 43.

Hasibuan, Ricky Andi. 2013. “Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Pembangunan Fisik Di Kecamatan Medan Tembung.”

Kawalod, Farra Aprilia, Arie Junus Rorong, and Very Yohanes Londa. 2015. “Peranan Organisasi Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa (Suatu Studi Di Desa Tewasen, Desa Pondos, Desa Elusan, Desa Wakan Kecamatan Amurang Barat Kabupaten Minahasa Selatan).” Jurnal Administrasi Publik 3 (031).

Prima, Yohana, Yuli Ifana Sari, and Dwi Fauzia Putra. 2021. “Peran Karang Taruna Dalam Pembangunan Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu.” JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi) 6 (2): 146–56.

Purwaningsih, Ernawati. 2008. “Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa.” Jurnal Jantra 3 (6): 443–52.

Ramlan, Pratiwi. 2020. “Optimalisasi Karang Taruna Dalam Pengembangan Potensi Generasi Muda Di Desa Tuncung.” MALLOMO: Journal of Community Service 1 (1): 42–49.

Sutrisna, I Wayan. 2022a. “Meningkatkan Partisipasi Pemuda Dalam Pembangunan Desa Melalui Optimalisasi Peran Karang Taruna.” Jurnal Ilmiah Cakrawarti 5 (2): 16–24.

b. “Meningkatkan Partisipasi Pemuda Dalam Pembangunan Desa Melalui Optimalisasi Peran Karang Taruna.” Jurnal Ilmiah Cakrawarti 5 (2): 16–24.

Uceng, Andi, Akhwan Ali, Ahmad Mustanir, and Nirmawati Nirmawati. 2019. “Analisis Tingkat Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan Sumber Daya Manusia Di Desa Cemba Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang.” Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan 5 (2): 1–17.

Vera, Zefri Noci. 2016. “Tingkat Partisipasi Masyarakat Terhadap Kepemilikan Akta Tanah (Studi Di Desa Bale Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh).” PERSPEKTIF 5 (1).

Wekke, Ismail Suardi. 2020. “Desain Penelitian Kualitatif.”

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Rifka Arifatul Istiana. (2024). Meningkatkan Partisipasi Pemuda dalam Pembangunan Desa Melalui Optimalisasi Peran Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna RW 02 Desa Singajaya, Kec. Cihampelas, Kab. Bandung Barat). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 326–335. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2068

Issue

Section

Articles