Optimalisasi Peran Mahasiswa Terhadap Pendidikan Siswa Taman Kanak-Kanak Melalui Blended Learning Dan Pembelajaran Tambahan

Authors

  • Firda Nurul Fahira UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lani Pujantari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ikhwan Aulia Fatahillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

belajar tambahan, blended learning, KKN-DR Sisdamas, pandemi

Abstract

Pada masa pandemi, aspek pendidikan menjadi terganggu yang menyebabkan proses belajar mengajar berubah dari sistem luring menjadi daring. Hal tersebut tentunya membatasi para peserta didik beserta tenaga pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran, bahkan banyak siswa khususnya siswa taman kanak-kanak yang pada akhirnya mengundurkan diri dari sekolah. Dalam situasi seperti ini, para tenaga pendidik harus secara aktif dan kreatif membangun suasana belajar yang menyenangkan. Dengan adanya pengoptimalan pendidikan ini, siswa diharapkan bisa mendapatkan kembali semangat belajarnya. Tujuan dari kegiatan KKN-DR Sisdamas dan program ini dilakukan agar siswa taman kanak-kanak dapat kembali merasakan interaksi langsung dengan teman-temannya dan belajar dibawah bimbingan langsung dari seorang guru, tentunya dengan memerhatikan protokol kesehatan. Metode yang digunakan dalam mewujudkan tujuan tersebut adalah blended learning dan belajar tambahan bagi siswa yang sebentar lagi akan naik ke jenjang Sekolah Dasar. Secara umum, pelaksanaan program ini dikategorikan berhasil dan berjalan dengan lancar. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan para siswa dalam hal membaca, menulis, dan berhitung yang berkembang secara pesat dan feedback positif yang diberikan oleh para guru di sekolah tersebut.

 

References

Fap, Arinta Mega & Hardini, Agustina Tyas Asri. 2021. “Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Di Masa PandemI Covid-19.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 8(1).

Ferly, Isabela Rosalina & Widyawati, Yapina. 2016. “Perbedaan Kematangan Sekolah Antara Anak Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Les Baca, Tulis, Hitung.” Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan. 7(1):37–54.

Graham, Charles R. 2006. Blended Learning Systems: Definition, Current Trends, and Future Directions. Handbook of Blended Learning: Global Perspectives. San Francisco: CA: Pfeiffer Publishing.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. 2020. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1):65–70. doi: 10.21009/jtp.v22i1.15286.

Kemkes. 2020. “FAQ.” Retrieved September 4, 2021 (https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html).

Mendikbud. 2020. “SE Mendikbud: Pembelajaran Secara Daring Dan Bekerja Dari Rumah Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.” Retrieved September 4, 2021

(https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/ 2020/03/se-mendikbud-pembelajaran- secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah- untuk-mencegah-penyebaran-covid19).

Nafrin, Irinna Aulia, and Hudaidah Hudaidah.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Fahira, F. N. ., Pujantari, L. ., & Fatahillah, I. A. . (2021). Optimalisasi Peran Mahasiswa Terhadap Pendidikan Siswa Taman Kanak-Kanak Melalui Blended Learning Dan Pembelajaran Tambahan . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(22), 65–73. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/205

Issue

Section

Articles