Mengajar Tematik SDN Tanjungsari 1 dan 2 oleh Mahasiswa KKN UIN Bandung Bersama Siswa dan Siswi Desa Tanjungsari

Authors

  • Mohammad Fahmi Fariza Fazri Fahmi UIN SGD BANDUNG
  • Revina Aprilia Nurhidayat Nurhidayat UIN SGD BANDUNG
  • Silvi Aliyah Aliyah UIN SGD BANDUNG
  • Anwar Supenawinata UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kata Kunci: SDN Tanjungsari 1 dan 2, KKN UIN SGD Bandung kelompok 35, program Mengajar, masyarakat Tanjungsari.

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang diawali dengan suatu tema tertentu yang mengaitkan dengan pokok bahasan lain, konsep tertentu dikaitkan dengan konsep lain yang dilakukan secara spontan atau direncanakan baik dalam satu bidang studi atau lebih dan dengan beragam pengalaman belajar sehingga pembelajaran menjadi semakin bermakna. Sedangkan menurut Sukmadinata (2004;197) lebih memandang pembelajaran tematik sebagai suatu model pembelajaran dengan fokus pada bahan ajaran. Bahan ajaran disusun secara terpadu dan dirumuskan dalam bentuk tema-tema pembelajaran. KKN UIN SGD memilih program mengajar SD adalah program yang sangat bermanfaat khususnya bagi Siswa dan Siswi SDN Tanjungsari 1 dan 2 metode yang digunakan meggunakan metode langsung tatap muka pembelajaran dengan siswa dan siswi hasil yang di dapatkan dari penelitian ini kelompok 35 KKN UIN SGD Bandung medapatkan banyak pegalaman baru mulai dari pegenalan karakter anak dan Guru ilmu yang di dapatkan juga bertambah dari program pegajaran ini.

Kata Kunci: SDN Tanjungsari 1 dan 2, KKN UIN SGD Bandung kelompok 35, program Mengajar, masyarakat  Tanjungsari.

References

Arumiyah, S., Djannah, M., & Habsy, B. A. (2018).Manfaat bimbingan kelompokdalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa sekolah menengah kejuruan. JurnalThalaba Pendidikan Indonesia, 1(2), 140-153.Julaeha, S. (2019).

Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikankarakter.Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. 2), 55-66.https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.3Nuraini, K., & Jannah, M. (2021).

Penerapan bimbingan belajarsekaliguspenanaman Pendidikan karakter pada anak-anak di desa sukosari. JIWAKERTA:Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 2(1), 1-10. Nurliana, N., & Uly

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Fahmi, M. F. F. F., Nurhidayat , R. A. N. ., Aliyah, S. A., & Supenawinata, A. (2024). Mengajar Tematik SDN Tanjungsari 1 dan 2 oleh Mahasiswa KKN UIN Bandung Bersama Siswa dan Siswi Desa Tanjungsari . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 303–311. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2033

Issue

Section

Articles