Penyemprotan Desinfektan Dan Membagikan Masker Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Wilayah RW 11 Kelurahan Cipadung

Authors

  • Arief Wibowo UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Diva Nur Wulandari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Hadiman Dedi Saputra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Novia Nurisma UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mia Siti Khumaeroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Disinfektan, Masker, Pencegahan

Abstract

Semua negara berupaya mempersempit penyebaran virus Covid-19 yang ditransmisikan antar manusia melalui droplet maupun melalui udara. Kegiatan penyemprotan disinfektan termasuk bagian dari upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Penyemprotan disinfektan ini biasanya dilakukan dengan cara manual. Disinfektan merupakan bahan kimia atau pengaruh fisika yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran jasad renik seperti bakteri dan virus, juga untuk membunuh atau menurunkan jumlah mikroorganisme atau kuman penyakit lainnya. Selain penyemprotan disifektan, salah satu cara memutus rantai penularan Covid-19 adalah dengan menggunakan masker dengan baik dan benar sesuai standar yang telah ditentukan. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas dan membantu masyarakat dalam mengurangi penyebaran virus Covid-19 didaerah RW 11 Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode langsung yang terdiri atas empat tahapan: 1) permohonan perizinan ke Kelurahan Cipadung 2) refleksi 3) pelaksanaan program 4) evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwasanya masyarakat menjadi sadar akan pentingnya menggunakan masker walaupun keberadaannya disekitar rumah selain itu program penyemprotan disinfektan pun berjalan sesuai dengan jadwal penyemprotan yang telah dibuat.

 

References

Bukhari. 2008. ‘Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna:Jurnal Studi Keislaman XII(2).

De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Ahmed, F., Alimuzjaman Alim, S. M., Islam, S., Bhusan, K., Kawshik, R., & Islam, S. (2016). 433 MHz (Wireless RF) Communication between Two Arduino UNO. American Journal of Engineering Research, (510), 2320–2847.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Wibowo, A. ., Wulandari, D. N. ., Saputra, M. H. D. ., Nurisma, N. ., & Khumaeroh, M. S. . (2021). Penyemprotan Desinfektan Dan Membagikan Masker Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Wilayah RW 11 Kelurahan Cipadung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(22), 41–50. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/203

Issue

Section

Articles