Pemanfaatan Limbah Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik Cair Sebagai Upaya Menanggulangi Pencemaran Lingkungan di Desa Tribaktimulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung

Authors

  • Retna Laila Fariha Suparman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Titian Lismaya
  • Silvi Nur Azmi
  • Rika Rohmawati

Keywords:

kotoran sapi, pupuk organik, KKN, cair

Abstract

Limbah kotoran sapi saat ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk organik, sehingga cukup diminati para petani. Namun, di desa Tribaktimulya, Pangalengan kotoran sapi ini menjadi limbah dan terbuang karena tidak adanya pengolahan kotoran sapi yang lebih lanjut sehingga berdampak pada pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, dengan adanya pengabdian ini bertujuan untuk menanggulangi pencemaran lingkungan dengan memanfaatkan kotoran sapi sebagai pupuk organik cair. Pengabdian ini terdiri dari empat siklus diantaranya sosialisasi awal, pemetaan sosial, perencanaan partisipatif dan sinergi program, serta pelaksanaan program dan monitoring evaluasi (Monev). Selain itu, metode pengabdian KKN ini menggunakan metode observasi, wawancara, penyuluhan dan pembuatan pupuk organic cair, serta menggunakan studi literature. Hasil yang dicapai dalam program pemanfaatan limbah kotoran sapi menjadi pupuk organic cair sebagai upaya menanggulangi pencemaran lingkungan yaitu mendapatkan respon baik karena petani sangat antusias untuk mengetahui informasi mengenai pupuk organik cair. Dengan ini diharapkan masyarakat mampu untuk mengurangi limbah kotoran sapi dengan adanya pembuatan pupuk organic cair, sehingga tidak merusak lingkungan.

References

Kesehatan, Vol 1 No 1. Pencegahan Pencemaran Lingkungan, 6- 16.

Mangalizu, A. (2022). Pemanfaatan Limbah Ternak Sapi sebagai Pupuk Organik untuk Mengurangi Penggunaan Pupuk Kimia. Unpad press, 14-20.

Ririn Pamuncak, B. A. (2018). JIIA, Vol 6 No 3. Peran Penggunaan Pupuk Pada Kinerja Produksi Tanaman Pangan Indonesia, 236-241.

Rosman. (2019). Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) secara Hidroponik dengan Berbegai Jenis Media Tanam dan Aerasi Berbeda. Jurnal Pertanian Tropik , 6(2), 189-189.

Umniyatie. 2014. Pembuatan Pupuk Organik Menggunakan Mikroba Efektif -4’, pupukorganik, 4, pp. 1–8.

Yanto, A. H., & Sunaryo, Y. (2019). Pengaruh Konsentrasi Dan Interval Pemberian Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.) Dalam Polybag. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Zainuddin, & Rahayu. (2020). Pengaruh Pupuk Organik Cair ( POC ) Kotoran Sapi Diperkaya Unsur N , Ca dan Fe Terhadap Hasil dan Kandungan Klorofil Tanaman Selada ( Lactuca Sativa L .). 1115-1124.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Suparman, R. L. F. ., Titian Lismaya, Silvi Nur Azmi, & Rika Rohmawati. (2024). Pemanfaatan Limbah Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik Cair Sebagai Upaya Menanggulangi Pencemaran Lingkungan di Desa Tribaktimulya, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 299–308. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2028

Issue

Section

Articles