Optimalisasi Kinerja OSIS dalam Penyelenggaraan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Sirojul Huda Desa Rancapanggung

Penulis

  • Syifa Roihana Nurul Latipah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sri Rizqi Fitriyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Akmal Naufal Abdul Ghani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Desa Rancapanggung, Pengabdian, KKN, Program, Pendidikan

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan akademik yang dilaksanakan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. Kelompok KKN 240 melaksanakan kegiatan KKN di Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Desa Rancapanggung memiliki banyak jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP dan SMA, yang merupakan menjadi hal penting untuk meraih masa depan lebih baik. SMP Sirojul Huda merupakan salah satu sekolah yang berada di Desa Rancapanggung. Permasalahan yang dihadapi oleh sekolah ini yaitu kurangnya tenaga pendidik sehingga kegiatan pembelajaran belum maksimal. Salah satu kegiatan pembelajaran yaitu MPLS yang belum pernah dilaksanakan di sekolah ini. Oleh karena itu pihak sekolah dan mahasiswa KKN kelompok 240 bekerja sama untuk menyelenggarakan kegiatan MPLS tahun ajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu service learning yang terdiri dari empat tahap: 1) investigasi, 2) persiapan, 3) tindakan, dan 4) refleksi. Hasil yang dicapai dari keseluruhan program KKN beberapa diantaranya dalam bidang pendidikan dapat mengembangkan keterampilan siswa, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, memahami nilai-nilai sekolah, memiliki jiwa yang dapat bersosialisasi kepada siswa-siswi liannya, membangun kekompakan dengan teman sekelas, serta mengurangi rasa cemas dan stres. Program Penyelenggaraan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilaksanakan untuk memberikan banyak pengetahuan dan pengalaman kepada peserta didik serta senantiasa dapat melihat potensi yang dimilikinya.

Referensi

Aliffia Teja Prasasty, Isroyati, Rina Nurhidayati. 2022. “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran 3D pada Guru Kelas di SDN Pondok Terong 1 Kota Depok.” Rangkiang:Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 4 No. 1 32.

Endah Setyowati, Alviani Permata. 2018. “Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat.” Bakti Budaya Vol. 1 No. 2 144.

Mavianti, Hasrian Rudi Setiawan, Ferninandus Hutagalung. 2021. “Implementasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru Sekolah Dasar di Era New Normal.” Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora 394.

Purwanti Dyah Pramanik, Mochamad Achmadi, Delvy Z.Nasution. 2021. “Media Belajar Inovatif Bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PKM dengan Konsep Serivce Learning.” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi, dan Perubahan 46.

Rohmat Hidayat, Anggi Indah Yuliana, Ro'ikhatul Miskiyah. 2022. “Pendampingan Pemahaman Materi Greeting dengan Media Video Scribe di MTs Tauhidiyah Bojonegoro.” Pendidikan:Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol.3 No.1.

Sarmini, Diana Titik W, Nona Jane Onoyi, Mohammad Aras, One Yantri, Muhammad Saydi. 2023. “Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah Islam Nabilah, Batam, Tahun Pelajaran 2022-2023.” Jurnal Pengabdian Ibnu Sina Volume 2, No 1 53.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Roihana Nurul Latipah, S., Fitriyani, S. R., & Abdul Ghani, A. N. . (2024). Optimalisasi Kinerja OSIS dalam Penyelenggaraan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Sirojul Huda Desa Rancapanggung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 347–354. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2024

Terbitan

Bagian

Articles