KKN DR Sisdamas: Pembelajaran Di Madrasah Nurul Huda Desa Cigending Di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Isfia Rahmania UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Adam Faris UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Nazal Rif’i UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Madrasah, Keagamaan, Pandemi

Abstract

Di Era pandemi Covid-19 sekarang ini banyak sekali sektor yang terkena dampak negatifnya tak terkecuali sektor pendidikan, khususnya MDA Nurul Huda di Desa Cigending Kecamatan Ujung Berung kabupaten Bandung Jawa Barat. Sangat terasa sekali dampak yang dirasakan dari adanya pandemi Corona ini, pada masa awal Corona datang pembelajaran tatap muka di MDA Nurul Huda terpaksa diliburkan, kemudian beberapa bulan terakhir madrasah mulai dibuka melaksanakan proses pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan peran madrasah sebagai lembaga pendidikan ditengah pandemi Corona. Metode yang digunakan ialah mengggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Metode wawancara pada Penelitian ini digunakan bertujuan menggali informasi kepada masyarakat mengenai kebermanfaatan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di masa pandemi covid 19. Hasil pada Penelitian inimenunjukkan bahwa kegiatan KKN sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat pada masa pandemi masih tetap bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan peran Mahasiswa masih bisa dilakukan dengan rangkaian kegiatan inovatif serta tetap menjalankan protokol kesehatan.

 

References

Ali, Muhammad. Penelitian Kependidikan, Prosedur Dan Strategi. Bandung: Angkasa, 2000.

Syardiansah. “Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7, no. 1 (2019): 57.

LP2M. Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Mahasiswa Program S1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Rahmania, I. ., Faris, M. A. ., & Rif’i, M. N. . (2021). KKN DR Sisdamas: Pembelajaran Di Madrasah Nurul Huda Desa Cigending Di Era Pandemi Covid-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(22), 27–30. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/201

Issue

Section

Articles