Pengaruh Gaya Belajar dan Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Al-Quran Anak-Anak di MT Nurul Falah

Authors

  • Fachry Aziz Sofyan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Resy Nur Ajizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sabila Fitri UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

gaya belajar, strategi, mengeja

Abstract

Gaya belajar adalah cara yang diambil oleh masing-masing orang dalam menyerap informasi baru dan sulit. Bagaimana mereka berkonsentrasi, memproses dan menampung informasi yang masuk ke otak. Tujuan dalam pengabdian ini merupakan untuk membentuk para santri dalam akhlak maupun pengetahuan. Oleh sebab itu kami mengemas gaya belajar dan strategi pembelajaran di MT Nurul Falah kampung Kandang Sapi desa Bongas dengan mengeja Al-Qur’an. Metode yang dipakai adalah Participatory Action Research (PAR) yang merupakan pendekatan yang bertujuan untuk pembelajaran dalam mencari solusi dan memenuhi kebutuhan praktis masyarakat, serta untuk meningkatkan pemahaman sosial dan perkembangan nilai-nilai keagamaan dengan melibatkan peran aktif dari objek pengabdian. Hasil yang didapatkan santri dalam pengabdian ini santri yang bisa mendapatkan kedua hal dalam sekaligus santri yang berakhlak baik maupun yang berpengetahuan.  

References

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. In Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Vol. 53, No. 9, pp. 1689-1699).

Hadinata, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 19(1), 60-79.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kharisma, A. L. F. (2019). Upaya meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Tartili Di Tk Darul Qur’an Al-Karim Karang Tengah, Baturraden (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Luk Luk, N. (2017). Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak. IAIN Tulungagung (Vol. 1, No. 2, pp. 246-258 )

Rahman, Abd. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa, 2(1), 1-8.

Sadiah, S., Maya, R., & Wahidin, U. (2018). Implementasi model pembelajaran dalam pemberantasan buta huruf Alquran di majelis taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1-18.

Sudarmono. (2020). Upaya Peningkatan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an. Universitas Muslim Indonesia. 164.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Sofyan, F. A., Ajizah, R. N., & Sabila Fitri. (2024). Pengaruh Gaya Belajar dan Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Membaca Al-Quran Anak-Anak di MT Nurul Falah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 318–325. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2009

Issue

Section

Articles