Membangun Lingkungan Pertemanan yang Damai Melalui Sosialisasi Anti-Bully di SDN Sukalaksana 2

Authors

  • Sabrina Nurul Natasya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saniyya Annisarahma UIN Sunan Gunung DJati Bandung
  • Silmi Diesy Shofiani UIN Sunan Gunung DJati Bandung
  • Hilma Mutiara Winata

Keywords:

perundungan, sekolah dasar, lingkungan damai, pengabdian

Abstract

Bullying atau perundungan merupakan penindasan atau rusak (merunduk) yang dilakukan secara sengaja oleh satu orang atau sekelompok yang lebih kuat, dilakukan terus menerus dengan tujuan untuk menyakiti. Bisa terjadi kepada anak-anak maupun orang dewasa. Saat ini, sudah banyak sekali kasus perundungan atau bullying yang terjadi di kalangan anak sekolah dasar.  Bullying dapat menimbulkan trauma psikologis atau luka batin, baik pada korban maupun pelaku. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata diadakannya program sosialisasi mengenai Anti-Bully di SDN  Sukalaksana 2. Kegiatannya meliputi pembelajaran interaktif dan pengenalan mengenai apa itu bullying, bagaimana contohnya dan bagaimana cara pencegahannya. Program ini diharapkan dapat membuat anak-anak memahami tentang perilaku bullying dan dapat mencegahnya sedari dini mungkin.

References

Abdullah, G., dan A. Ilham. 2023. “Pencegahan Perilaku Bullying pada Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pelibatan Orang Tua.” Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian.

Fadil, K. 2023. “Peran Guru Dalam Penanaman Sikap Anti Bullying Verbal Dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 123-133.

Hertinjung, W. S., & Karyani, U. 2015. Profil pelaku dan korban bullying di sekolah dasar. 2015.

Junalia, E., & Malkis, Y. 2022. “Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Tirtayasa Jakarta.” Journal Community Service of Health Science 15-20.

Katyana, W. 2019. Buku Panduan Melawan Bullying. Nuha Medika.

Muhammad, Syaifulloh H.L. 2022. Hukuman Pelaku Bullying, Bisa Dijerat Pidana dan Perdata. 20 nov. https://gaya.tempo.co/read/1658930/hukuman-pelaku-bullying-bisa-dijerat-pidana-dan-perdata.

Setia Budhi, P. 2016. KILL BULLYING : Hentikan Kekerasan di Sekolah. Banjarmasin.

Suryana, S., Aminanty, A., Nurliana, N., Lestari, E. D., Utami, R. W., & Amiruddin, A. (2023). “STOP BULLYING, MARI SEBARKAN KASIH & SAYANG” Psikoedukasi Anti Bullying Untuk Siswa SDI Unggulan Puri Taman Sari. Global Journal Devotion, 1(1), 27-32.

Wardhana, K. (2015). Buku Panduan Melawan Bullying. Jakarta.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Nurul Natasya, S., Annisarahma, S., Diesy Shofiani, S., & Hilma Mutiara Winata. (2024). Membangun Lingkungan Pertemanan yang Damai Melalui Sosialisasi Anti-Bully di SDN Sukalaksana 2. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 279–288. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1998

Issue

Section

Articles