Pentingnya Penyuluhan Sebagai Langkah Preventif dalam Permasalahan Stunting di Desa Tribaktimulya Kecamatan Pangalengan

Penulis

  • Fidya Audy Rabbani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Hapipudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aziza Nur Aini UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rhenata Juwita UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sonnya Novanda Nurjaman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Desa Tribaktimulya, Stunting, Penyuluhan

Abstrak

Desa Tribaktimulya adalah salah satu desa yang terletak di Kabupaten Bandung, Kecamatan Pangalengan. Permasalahan yang ditemukan pada desa tersebut adalah salah satunya stunting. Stunting adalah masalah kesehatan global yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia 0-5 tahun. Untuk mencegah hal tersebut dilakukan langkah preventif dengan adanya kegiatan penyuluhan. Melalui penyuluhan, masyarakat dapat memahami pentingnya memberikan makanan bergizi dan seimbang kepada anak, memastikan kecukupan gizi pada ibu hamil. Metode penelitian ini dilakukan dengan melakukan obeservasi lapangan secara langsung yang dapat memudahkan penelitian dalam menganalisis dan membuat program pemberdayaan yang sesuai dengan masalah yang ada sebagai solusi. Penyuluhan ini mempunyai indikator keberhasilan, diantaranya: Penurunan angka balita dengan stunting, peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai stunting, peningkatan praktik pemberian makanan yang sehat, peningkatan keikutsertaan dalam posyandu, dan perubahan status gizi anak dan ibu hamil. Dari penyuluhan stunting yang terencana dan terukur ini, dapat menjadi instrumen efektif dalam pencegahan stunting dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak serta pembangunan manusia yang berkelanjutan.

Referensi

Aryastami, N. K., & Tarigan, I. (2017). Kajian kebijakan dan penanggulangan masalah gizi stunting di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(4), 233-240.

Balkis, A. S, & Masykur, A.M. (2016). (Memahami Subjective Well-Being Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri”. Jurnal Empati. 5(2), 223-228.

Nurul Farhanahsyah. (2018). Faktor-faktor yangBerhubungan denga Kejadian Stunting pada Anak Usia 6-23 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Pisangan Kota Tangerang Selatan Tahun 2018. Skripsi.

Tentama, F., Delfores, H. D. L., Wicaksono, A. E., & Fatonah, S. F. (2018). Penguatan Keluarga Sebagai Upaya Menekan Angka Stunting Dalam Program Kependudukan, Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga (Kkbpk). Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 113.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Audy Rabbani, F., Hapipudin, A. ., Nur Aini, A., Juwita, R. ., & Novanda Nurjaman, S. (2024). Pentingnya Penyuluhan Sebagai Langkah Preventif dalam Permasalahan Stunting di Desa Tribaktimulya Kecamatan Pangalengan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 179–193. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1993

Terbitan

Bagian

Articles