Pemberdayaan Umkm Terhadap Promosi Digital Pada Era Pandemi Di Lingkungan Masyarkat Desa Margamekar Kabupaten Bandung

Authors

  • Qorin Achsanil Jannah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Erna Haerunnisa Alfitri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Assyifa Junitasari UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Digital, Promosi, UMKM

Abstract

Negara Indonesia saat ini sedang dilanda pandemi virus Covid-19, dengan adanya wabah ini kondisi perekonomian di Negara Indonesia ikut terkena dampak. Sebagaimana kita ketahui semenjak adanya wabah Covid-19 pihak pemerintah menjalankan pembatasan kegiatan  masyarakat Banyak pihak yang dirugikan salah satunya pelaku usaha kecil atau UMKM. Dengan adanya pembatasan yang dilakukan, banyak pelaku usaha kecil yang kehilangan pasar, belum lagi saat ini lebih banyak masyarakat yang memilih berbelanja secara online baik melalui aplikasi atau market place karena dianggap lebih mudah dan praktis. Badan Pusat Statistik mencatat  bahwa pada bulan maret 2020, pejualan online melonjak 320% dari total penjualan online pada awal tahun 2020. Lonjakan semakin meningkat dimana pada bulan april tercatat terjadi peningkatan menjadi 480%. Dengan demikian pelaku usaha khususnya pelaku usaha kecil harus mulai beradaptasi dengan adanya perubahan pada era digital, salah satu hal yang dapat dilakukan yakni mengembangkan usaha dengan melakukan pemasaran secara digital, agar produk yang dihasilkan dapat memiliki pasar penjualan yang lebih luas dan mudah di akses oleh masyarakat secara luas. Salah satu tujuan dari dilaksanakannya program KKN ini adalah untuk memberdayakan UMKM yang di lingkungan Desa Margamekar dalam memasarkan dan mempromosikan produk yang dimiliki melalui media sosial. Dengan begitu diharapkan pelaku usaha yang ada di lingkungan Desa Margamekar dapat terbantu dan mendapat peningkatan penjualan yang signifikan.

References

Ahmad Maulana Irfanudin, Didi Sunardi, Ratna Sari, Imbron Imbron, Nariah Nariah. 2020. Peran SEO Dakam meningkatkan Reliabilitas Pemasaran Produk Via Media Online Pada Forum Muslimah Depok. Openjournal.unpam.ac.id.

A. Muri Yusuf. 2014. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group.

Amri, A. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Brand.

Badan Pusat Statistik. 2020. Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020. Jakarta. Badan Pusat Statistik.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara.

Irmawati. 2011. Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis Edisi ke-VI.

Ni Putu Martni Dewi, Tri Utari. 2014. Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. Denpasar. E-Jurnal Pembangunan Universitas Udayana.

Puji Hastuti, Agus Nurofik, Agung Purnomo, Abdurrozzaq Hasibuan, Hnady Aribowo, Annisa Ilmi Faried, Tasnim, Andriasan Sudarso, Irwan Kurniawan Soetijno, Didin Hadi Saputra dan Jannaer Simarmata. 2020. Kewirausahana dan UMKM. Medan. Yayasan Kita Menulis.

Sandu Siyoto, Muhammad Ali Sodik. 2015. Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Literasi Media Publishing.

Sam’un Jaja Raharja, Sari Usih Natari. 2021. Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Jurnal.unpad.ac.id.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Jannah, Q. A. ., Alfitri, E. H. ., & Junitasari, A. . (2021). Pemberdayaan Umkm Terhadap Promosi Digital Pada Era Pandemi Di Lingkungan Masyarkat Desa Margamekar Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(22), 1–10. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/199

Issue

Section

Articles