Pemberdayaan Masyarakat Kampung Cimentrik Desa Baros, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung Melalui Program Gerakan Magrib

Penulis

  • Hendra Komara UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fadhlurrahman Azis UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pemberdayaan, Magrib Mengaji, Kampung Cimentrik

Abstrak

Salah satu permasalahan yang ditemui di Kampung Cimentrik, RW 14, Desa Baros Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung adalah masih rendahnya tingkat kesadaran terhadap potensi mereka yang dapat digunakan sebagai sumber daya sehingga lebih berdaya guna terhadap pendidikan di masyarakat. Program Magrib Mengaji merupakan salah satu program yang diterapkan di Kampung Cimentrik. Adapun tujuan di laksanakannnya program tersebut adalah: 1) Terciptanya kesadaran Masyarakat terhadap pentingnya ilmu pengetahuan terutama al-quran 2) terwujudnya sumber daya manusia yang unggul, inovatif; dan kreatif 3) memerikan dorongan terhadap anak-anak untuk lebih semangat dalam belajar dan memiliki prestasi. Adapun hasil yang dapat langsung dirasakan dari program ini adalah meningkatnya antusiasme masyarakat dalam meyambut program magrib mengaji serta tingginya antusiasme anak-anak dalam mengikuti program magrib mengaji. Selain itu kegiatan ini diharapkan menjadi wadah yang dapat membantu pelajar yang kesulitan untuk memahami dan mempelajari al-quran.

Referensi

Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010, Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Irmawati, Ais. 2017. Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Mengurangi Buta Aksara di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Vol 2, No. 1.

LP2M UIN SGD Bandung. Pedoman Pelaksanaan KKN SISDAMAS Moderasi Beragama 2023.

Nurhidayat, Siyang. 2016. Tanggapan Masyarakat Terhadap Program Jam Belajar Masyarakat di RW 9 Gunungketur Pakualaman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Edisi 1, 2016.

Wigati, Tutut. 2017. Pengaruh Pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat dan Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar siswa SD kelas Tinggi di SD Negeri Golo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Edisi 12, 2017.

APJII, P., 2014. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Jakarta: APJII.

Budiyanto. 1995. Prinsip-prinsip Metodologi Buku IQRO’. Yogyakarta: Team Tadarus “AMM”.

Direktorat Penerangan Agama Islam. Pedoman Gerakan Masyarakat Magrib Mengaj. (Jakarta: Kemenag RI, 2014) hal. 6.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Komara, H., & Azis, M. F. . (2024). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Cimentrik Desa Baros, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung Melalui Program Gerakan Magrib . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 236–245. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1974

Terbitan

Bagian

Articles