Peningkatan Proses Penghijauan Lereng Bukit Dalam Program Rawabogo Green di Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung

Penulis

  • Mohammad Irham Muzaqi
  • Dandi Guntur Apriandi
  • Reyvadillah

Kata Kunci:

Kata Kunci: Rawabogo, Pengabdian, KKN, Program, Masyarakat

Abstrak

Abstrak

Penghijauan merupakan salah satu bentuk peran manusia dalam menjaga lingkungan. Penghijauan dilakukan dengan melakukan penanaman pepohonan. Masyarakat yang tinggal di daerah dengan banyak pohon memiliki risiko lebih kecil menderita kondisi yang berhubungan dengan udara. Ini karena pohon dapat memurnikan karbon dioksida dan memberikan oksigen melalui fotosintesis. Pepohonan yang ditanam mempunyai akar yang berfungsi sebagai penyerap air dan menyimpannya di dalam tanah. Oleh karena itu, air yang terserap akan terkunci di dalam tanah. Dengan terkuncinya air ke dalam tanah akan mengecilkan resiko terjadinya banjir. Air hujan yang volumenya banyak tidak akan meluap sehingga banjir dapat dicegah. Tujuan dilakukannya pengabdian ini untuk melestarikan lahan-lahan di Desa Rawabogo agar terus subur dan menciptakan linkungan yang sehat tanpa polusi. Metode pengabdian yang dilakukan untuk melestarikan lahan-lahan di Desa Rawabogo yaitu menggunakan metode penanaman bibit pohon agar lahan-lahan di Desa Rawabogo tetap dapat dilestarikan dengan melakukan penanaman kembali puluhan bibit pohon yang berbeda jenisnya.

 

Referensi

Kegiatan Penghijauan dalam Menjaga Lingkungan di Desa Kampung Madura Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singigi, Pelaksanaan, Ingrid Putri Pratiwi, Pengabdian Kepada Masyarakat Pelaksanaan Kegiatan Penghijauan dalam Menjaga Lingkungan di Desa Kampung Madura Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singigi dilaksanakan selama tiga bulan dari Bulan Juli sampai Bulan September, and Kegiatan yang. 2021. “Implementation of Greening Activities in Protecting the Environment in Kampung Madura Village, Kuantan Hilir District, Kuantan Singgigi Regency.” JCSPA: Journal Of Community Services Public Affairs 1 (2): 57–61.

Nawir, A. A., Murniati, & Rumboko, L. (2008). Rehabilitasi Hutan Di Indonesia. Bogor Barat: CIFOR.

Purwanto. (2021). Penyuluhan Tentang Penghijauan Lingkungan Di Desa Klodran Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Jurnal Budimas.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Mohammad Irham Muzaqi, Dandi Guntur Apriandi, & Reyvadillah. (2024). Peningkatan Proses Penghijauan Lereng Bukit Dalam Program Rawabogo Green di Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 246–255. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1972

Terbitan

Bagian

Articles