Branding Pariwisata Dalam Pengembangan Objek Wisata Di Desa Rawabogo Melalui Metode Partisipatif

Authors

  • Arfah Raihandi Agustian UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yuni Daryani
  • Vita Hutaoqikoh

Keywords:

Kata Kunci: Rawabogo, Wisata, KKN, Branding

Abstract

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata adalah salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai segi kehidupan guna menumbuhkan kreativitas, inovasi dan empati sosial dalam berbagai permasalahan yang riil dihadapi oleh masyarakat. Melalui pengabdian metode partisipatif, mahasiswa membantu mengembangkan objek wisata di Desa Rawabogo dengan cara branding desa wisata di media sosial instagram. Situs wisata yang menjadi icon Desa Rawabogo sendiri yaitu Gunung Nagara Padang. Branding sendiri merupakan suatu strategi dalam pemasaran yang tidak terpisah dengan marketing. Tujuan dari branding tentunya meningkatkan suatu pasaran nama atau objek, jasa dan suatu produk. Selain melakukan pengembangan pada wisata, terdapat juga produk makanan yang dicantumkan juga dalam branding tersebut. Dengan adanya branding desa wisata, akan lebih menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi situs tersebut.

 

References

Mustari, Nuryanti, et al. Branding Pariwisata dalam Pengembangan Objek Wisata di Kabupaten Majene. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6, no. 2 (2021): 282-293.

Fanaqi, Chotijah; Pratiwi, Resty M., dan Firmansyah, Firmansyah. Strategi Branding Pelaku Usaha Pariwisata di Masa Pandemi. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2. no. 4 (2020): 263-273.

Salsabila, Nabila N., Solihin, Solihin. Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Inovatif, Solutif, dan Partisipatif di Desa Cigondewah Hilir. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1. no. 24 (2021): 107-120.

Hardianto, Seno. Titing, Kartika. dan Karini, Rieke Sri Rizki Asti. Pemberdayaan Masyarakat di Wisata Edukasi Imah Noong Kampung Areng Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Hariyanto, Oda IB. dan Sihombing, Dame Afrina. Tradisi Ritual Masyarakat Desa Rawabogo Ciwidey Sebagai Daya Tarik Desa Wisata. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 1. no. 1 (2019): 33-38.

Verdiana, Alma. Pemaknaan Potensi Lokal di Desa Wisata Rawabogo Kabupaten Bandung. Jurnal Riset Perencanaan Wilayah dan Kota, (2021): 72-80.

Yuliana, Anggia. Setyobudi, I. dan Dwiatmini, S. Fungsi Sosial dari Ritual Miasih Bumi Nagara Padang Bagi Masyarakat Kampung Tutugan Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey Provinsi Jawa Barat. Jurnal Budaya Etnika, 3. no. 1 (2020): 3-22.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Arfah Raihandi Agustian, Yuni Daryani, & Vita Hutaoqikoh. (2024). Branding Pariwisata Dalam Pengembangan Objek Wisata Di Desa Rawabogo Melalui Metode Partisipatif. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 256–268. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1968

Issue

Section

Articles