Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Muda di SMPN 3 Ciwidey Desa Rawabogo

Penulis

  • Ahzami Lababan Dapy UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dhefira Rahma UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nadila Dwi Ardani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kata Kunci: Sosialisasi, Pendidikan, Generasi Muda

Abstrak

Sosialisasi pentingnya Pendidikan bagi generasi muda bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa/siswi di SMPN 3 Ciwidey Desa Rawabogo, agar mendapatkan motivasi bagi untuk dapat  mempertimbangkan Pendidikan sampai ke jenjang yang lebih tinggi sebagai bekal generasi penerus bangsa di masa depan sehingga bisa berdayaguna dalam Pembangunan nasional. Kegiatan pengabdian dilaksanakan di SMPN 3 Ciwidey, Desa Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMPN 3 Ciwidey, Wakil Kepala Sekolah SMPN 3 Ciwidey dan siswa-siswi kelas 9. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan melakukan survey lapangan, persiapan dan sosialisasi. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahanan peserta terkait Pendidikan yang tidak hanya diberikan oleh sekolah sebagai Pendidikan formal melainkan Pendidikan dapat berjalan baik dengan adanya dorongan Pendidikan dari orang tua dan lingkungan. Siswa/siwi dapat termotivasi untuk menata masa depannya melalui Pendidikan agar mempersiapkan sebagai generasi muda yang dapat bertahan hidup di era perkembangan zaman.  

Kata Kunci: Sosialisasi, Pendidikan, Generasi Muda

 

Referensi

Elyas, A. H., Iskandar, E., & Suardi, S. (2020). Inovasi Model Sosialisasi Peran Serta Masyarakat Kecamatan Hamparan Perak Dalam Pemilu. Warta Dharmawangsa, 14(1).

Fatimah S. (2009). Faktor-faktor pendorong pernikahan dini dan dampaknya di desa Sarimulya kecamatan Kemusu kabupaten Boyolali. Diakses melalui http://lib.unnes.ac.id/2104/1/42 28. pada tanggal 22 Desember 2017.

Hamda, N. (2017). Masyarakat dan Sosialisasi. ITTIHAD, 12(22), 107-115

Kumalasari I. (2014). Kesehatan reproduksi untuk mahasiswa kebidanan dan keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Marwah, S. S., Syafe’i, M., & Sumarna, E. (2018). Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1), 14. https://doi.org/10.17509/t.v5i1.13336

Megawanti, P. (2012). Permasalahan Pendidikan Dasar Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 227–234.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Dapy, A. L. ., Rahma , D. ., & Ardani, N. D. . (2024). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Muda di SMPN 3 Ciwidey Desa Rawabogo. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 393–403. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1963

Terbitan

Bagian

Articles