Semarak Perayaan 17 Agustus di Desa Mayangan: Menumbuhkan Rasa Patriotisme Dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-78

Authors

  • Siti Sapitri UIN Sunan Gunung Djati
  • Aji Nur Yusfianto
  • Siti Kuraesin

Keywords:

Pengabdian, Kemerdekaan, Desa

Abstract

Aktivitas kegiatan kemerdekaan yang dilakukan pada tanggal 14 hingga 17 Agustus 2023 di Desa Mayangan dilaksanakan secara konstruktif, yaitu dengan mengadakan lomba bersama masyarakat setempat. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa patriotisme, persatuan, kesatuan, dan kekeluargaan antar Masyarakat Desa Mayangan, serta rasa bangga dan cinta tanah air, sehingga menjunjung sportifitas dalam mencapai tujuan. Penulis menggunakan pendekatan PAR (Participatory Action Research) sebagai metode pengabdiannya. Dengan pendekatan ini memungkinkan partisipasi aktif masyarakat Desa Mayangan dalam seluruh proses kegiatan agustusan. Perayaan kemerdekaan diharapkan dapat dilangsungkan melalui berbagai perlombaan yang dapat mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam memeriahkan kemerdekaan Indonesia dan membangkitkan patriotisme dan nasionalisme generasi muda di Desa Mayangan.

References

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fidayanti, H. A., & Fajar, D. A. (2021). Meningkatkan Sosialisasi Warga Kp. Jati Melalui Kegiatan 17-an. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(34), 88-97.

Priliantari, Y. D. (2022). Memaknai Perayaan Hari Kemerdekaan ke-77 dengan Cinta. TarFomedia, 3(2), 7-10.

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. 2020. “AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 06(01):62–71.

Riana, M., Azikri, A. N., & Samalateh, A. (2018). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI EDUKASI LINGKUNGAN DI DESA CINANGNENG. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3).

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Sapitri, S., Yusfianto, A. N., & Kuraesin, S. . (2024). Semarak Perayaan 17 Agustus di Desa Mayangan: Menumbuhkan Rasa Patriotisme Dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-78. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 428–433. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1942

Issue

Section

Articles