Implementasi Perayaan 17 Agustus 1945 Dalam Mengukuhkan Rasa Kesatuan Dan Persatuan Masyarakat Desa Cintakarya

Penulis

  • Emif Miftahudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aisyah Wulandari
  • Aulia Qurani
  • Satria Arifin
  • Rin Rin Nurmalasari

Kata Kunci:

Kemerdekaan; Patriotisme; Perlombaan

Abstrak

Kewajiban sebagai seorang mahasiswa yaitu untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun salah satu dari kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi ialah pengabdian, maka dari itu, kami melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bentuk kontribusi mahasiswa untuk masyarakat sekitar sehingga keberadaan mahasiswa dapat berguna dan dirasakan oleh Masyarakat. Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan oleh kelompok kami yaitu bertempat di Desa Cintakarya, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat tepatnya di Kampung Cimantar dan Kampung Pasir Kembang RW 03. Salah satu program kerja dan bentuk partisipasi kelompok KKN kami yaitu dengan ikut mengadakan perayaan peringatan HUT RI yang ke-78 dengan mengadakan beberapa perlombaan yang diikut sertai oleh masyarakat Kampung Cimantar dan Kampung Pasir Kembang. Beberapa pesertanya yaitu dari kalangan anak-anak sampai orang tua. Adapun perlombaan tersebut dilaksanakan pada tanggal 15-17 agustus 2023. Kegiatan perlombaan tersebut merupakan agenda masyarakat Kampung Cimantar dan Kampung Pasir Kembang dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI. Adapun untuk perlombaannya yaitu dimulai dari turnamen futsal, turnamen bola voli, lomba joget kursi, lomba balap kelereng, lomba memungut koin, lomba kerupuk, lomba balap karung, lomba pecah balon, lomba memasukan paku kedalam botol, lomba joget tomat, lomba estafet sarung dan lomba estafet cup balon. Dengan adanya pelaksanaan lomba-lomba tersebut yaitu tujuannya untuk mempererat silaturahmi, meningkatkan jiwa patriotisme, dan meningkatkan semangat juang masyarakat Desa Cintakarya khususnya masyarakat RW 03 Kampung Cimantar dan Kampung Pasir Kembang. Metode pengabdian yang digunakan oleh tim penyusun dan pihak kampus yaitu Sistem Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS). Untuk tahap pelaksanaan KKN SISDAMAS perlu dilakukannya 4 siklus yaitu (1) sosialisasi awal; (2) pemetaan sosial; (3) perencanaan partisipatif dan sinergi program; (4) pelaksanaan program dan monitoring evaluasi. Untuk hasil partisipasi program yang telah kita laksanakan Sebagian besar telah terlaksana. Setelah kita usulkan beberapa perlombaan yang sifatnya kebersamaan tim/kelompok seperti contohnya lomba estafet cup balon dan estafet sarung, masyarakat menjadi lebih kompak dan saling mengenal satu sama lain.

Referensi

Cahyono, Habib. 2019. “PERAN MAHASISWA DI MASYARAKAT.” 1(1).

Farhan, Muhammad, M. Taufik Lazuardi, Permata Hati, and Sri Indrani. 2021. “Tantangan Dan Peluang Melaksanakan KKN DR Berbasis Pengabdian Dan Pemberdayaan Di Desa Sinaman 2 Pada Masa Pandemi Covid 19.” PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG 1(58).

Hamid, Solihin Ichas, Dinie Anggraeni Dewi, Andika Rizky Nugraha, Wahdini Rohmah Jaelani, and Yessi Vichaully. 2021. “Implementasi Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan Model Pembelajaran Role Playing di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(6):5731–38. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1602.

Minarso, Ivan Putra, and Fatma Ulfatun Najicha. 2022. “Upaya Memperkuat Persatuan Dan Kesatuan Untuk Melawan Globalisasi.” Jurnal Kewarganegaraan 6(1):543–51. doi: 10.31316/jk.v6i1.2539.

Widhyharto, Derajad S. 2014. “Kebangkitan Kaum Muda dan Media Baru.” 3(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Miftahudin, E., Wulandari, A. ., Qurani, A., Arifin, S. ., & Nurmalasari, R. R. (2024). Implementasi Perayaan 17 Agustus 1945 Dalam Mengukuhkan Rasa Kesatuan Dan Persatuan Masyarakat Desa Cintakarya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(6), 382–392. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1923

Terbitan

Bagian

Articles